Pemkab Sinjai Belajar Pengelolaan Sampah di Luwu Timur

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah DLH Sinjai belajar pengelolaan sampah di Kabupaten Luwu Timur dalam kegiatan study banding

Pemkab Sinjai Belajar Pengelolaan Sampah di Luwu Timur
Humas Luwu Timur
Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sinjai belajar pengelolaan sampah di Kabupaten Luwu Timur dalam kegiatan study banding, Rabu (3/7/2019). Foto Humas Luwu Timur. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sinjai belajar pengelolaan sampah di Kabupaten Luwu Timur dalam kegiatan study banding, Rabu (3/7/2019).

Kepala DLH Luwu Timur, Andi Tabacina Akhmad mengatakan pengelolaan sampah di Luwu Timur adalah hasil sinergi seluruh pihak dengan dana yang relatif kecil.

Hal tersebut tidak menghalangi upaya kreatif dalam menggerakkan warga dan pemerintah desa ikut terlibat dalam pengelolaan dan penanganan masalah sampah.

Baca: Jembatan Tabaroge Tak Kunjung Diperbaiki, Anggota DPRD Luwu Timur Heran

Baca: Segini Jumlah Formasi CPNS 2019 Diusulkan BKPSDM Luwu Timur ke KemenPAN RB

Baca: Tiga Hari Hilang di Sungai Balambano Luwu Timur, Bocah Ini Belum Ditemukan

"Kita juga meluncurkan program-program yang diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat terkait sampah, salah satunya adalah program CLBK," kata Tabacina kepada TribunLutim.com, Kamis (4/7/2019).

Program CLBK atau Cinta Lingkungan Bersih dan Keren. CLBK dinilai sudah berhasil menggerakkan dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan.

"Kami memang sengaja mencari akronim yang sederhana dan mudah diingat tapi sulit dilupakan," imbuh Tabacina.

Keberhasilan DLH Luwu Timur dalam mengelolah sampah perkotaan kemudian menarik perhatian Pemkab Sinjai untuk mempelajarinya.

Kepala Balitbangda Sinjai, Asdar Amal Darmawan mengatakan tujuannya ke Luwu Timur untuk mempelajari model pengelolaan TPA.

Selain itu, alur pengelolaan sampah dari rumah tangga sampai ke pembuangan akhir, hingga model pengelolaan Bank Sampah.

Ia mengatakan akan belajar tentang aturan pengelolaan sampah yang diterapkan di Luwu Timur, serta sumber anggaran pengelolaan sampah.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved