BI Sulsel Awasi Grafik inflasi, Fokus Kendalikan 4K

Perkembangan Inflasi Sulawesi Selatan Inflasi Sulsel pada Juni 2019 lebih rendah daripada inflasi Nasional maupun pola historisnya.

BI Sulsel Awasi Grafik inflasi, Fokus Kendalikan 4K
TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD FADHLY ALI
Rilis perkembangan ekonomi Sulsel oleh Bank Indonesia di kantornya Jl Sudirman Makassar, Kamis (4/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Perkembangan Inflasi Sulawesi Selatan Inflasi Sulsel pada Juni 2019 lebih rendah daripada inflasi Nasional maupun pola historisnya.

Inflasi bulanan Sulsel pada Juni 2019 tercatat 0,20 persen month to month (mtm) lebih rendah daripada inflasi bulan sebelumnya 0,76 persen (mtm) dan lebih rendah dibandingkan inflasi Nasional 0,55 persen (mtm).

Inflasi bulanan pada Juni 2019 juga lebih rendah daripada rata-rata 3 tahun sebelumnya 0,79 persen (mtm).

Baca: Pererat Silaturahmi, BI Sulsel Gelar Halalbihalal Bareng Stakeholder

Baca: Aksi 22 Mei Ricuh, Kurs Rupiah Melemah, BI Sulsel: Ini Lazim Terjadi

Baca: BI Sulsel Siap Gelar Money Changer di Kantor Gubernur, Intip Pecahan Uangnya

Kepala BI Kantor Perwakilan Sulsel, Bambang Kusmiarso mengatakan, pencapaian tersebut didukung oleh inflasi bahan makanan yang relatif stabil dan lebih rendah dibandingkan polanya.

Sementara itu, apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, inflasi tahunan Sulsel pada Juni 2019 tercatat 2,98 persen year on year (yoy), atau lebih rendah dibandingkan inflasi bulan sebelumnya 3,74 persen (yoy), serta tetap berada dalam sasaran target 3,5 persen plus minus 1 persen.

Inflasi tahunan Sulsel tersebut lebih rendah daripada inflasi Nasional 3,28 persen (yoy), dan rata-rata 3 tahun sebelumnya 4,31 persen (yoy) didukung oleh inflasi bahan makanan yang relatif stabil, dan lebih rendah dibandingkan polanya sebagai salah satu keberhasilan TPID dalam pengendalian inflasi di Sulsel.

Strategi pengendalian inflasi oleh TPID yang difokuskan pada aspek 4K yaitu, Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Ekspektasi.

menjadi kunci terjaganya tingkat inflasi di Sulsel.

Beberapa program atau kegiatan pengendalian inflasi yang dilakukan oleh TPID selama Ramadan dan Idulfitri. Seperti penguatan koordinasi dan sinergi pengendalian inflasi di level Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

"Antisipasi lebih dini terhadap komoditas yang sesuai polanya mengalami inflasi, dengan menjaga ketersediaan pasokan antara lain melalui peningkatan pasokan ikan tangkap melalui penaburan benih yang dilakukan 3 bulan-4 bulan, sebelum Ramadan dan peningkatan pasokan daging ayam ras melalui ketersediaan DoC yang lebih memadai," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved