Urus Surat Keterangan di PN Malili Tidak Pakai Ribet, Ada Ini!

Aplikasi ini diluncurkan pada 19 Juni 2019 oleh Dirjen Peradilan Umum, Mahkamah Agung (MA) untuk melayani warga memperoleh

Urus Surat Keterangan di PN Malili Tidak Pakai Ribet, Ada Ini!
Ivan Ismar/tribun Timur
Ketua PN Malili, Khairul 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Pengadilan Negeri (PN) Malili, Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah menerapkan aplikasi Elektronik Surat Keterangan atau Era Terang.

Aplikasi ini diluncurkan pada 19 Juni 2019 oleh Dirjen Peradilan Umum, Mahkamah Agung (MA) untuk melayani warga memperoleh surat keterangan dari pengadilan.

Kini masyarakat bisa mendaftarkan permohonan melalui ponsel pintar atau smartphone cukup mengakses alamat, eraterang.badilummahkamah agung.go.id.

Warga Luwu Timur yang lokasinya jauh dari PN Malili sebaiknya mengakses situs tersebut. Surat keterangan yang dibutuhkan dapat segera didaftarkan tanpa perlu lagi ke PN Malili.

"Nanti ke pengadilan setelah verifikasinya lengkap dan mengambil surat keterangannya ke pengadilan," kata Ketua PN Malili, Khairul kepada TribunLutim.com, Rabu (3/7/2019).

Khairul mengatakan PN Malili adalah PN yang pertama di Sulsel dan Sulawesi Barat menerapkan aplikasi ini kepada masyarakat.

"Jadi masyarakat tidak perlu repot datang ke PN Malili apabila ingin mendaftarkan permohonan surat keterangan tertentu," tutur Khairul

Surat keterangan yang dimaksud berdasarkan peraturan perundang undagan seperti tidak sedang dinyatakan pailit, tidak pernah sebagai terpidana, tidak sedang dicabut hak pilihnya.

Selain itu, surat keterangan dipidana karena kealpaan ringan atau alasan politik, tidak memiliki tanggungan utang secara perorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi
tanggung jawabnya yang merugikan keuangan negara.

Permintaan pemohon paling lambat 1x24 jam akan dilakukan verifikasi dan bila dinyatakan lengkap, warga tersebut dapat langsung mengambilnya ke pengadilan.

Khairul menjalaskan, aplikasi merupakan layanan permohonan surat keterangan secara elektronik yang dapat diakses pemohon dimanapun berada selama jaringan internet tersedia.

"Jadi, masyarakat tidak perlu bolak balik ke pengadilan, dan sudah ada beberapa masyarakat Luwu Timur yang menggunakan sistem ini," imbuhnya.

Aplikasi Era Terang memiliki keunggulan seperti jangkauan layanan yang lebih luas,
kecepatan dalam pelayanan publik dengan bantuan teknologi informasi yang tepat, dan validasi terhadap pihak berperkara di pengadilan.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved