TPP ASN Takalar Tidak Terbayar, Ini Tanggapan Anggota DPRD

Janji tersebut ada pada poin 11 dari 22 program unggulannya. Yakni meningkatkan kesejahteraan ASN dan tenaga tehnis.

TPP ASN Takalar Tidak Terbayar, Ini Tanggapan Anggota DPRD
darullah/tribuntakalar.com
Ir Husniah Rachman Daeng Tayu 

TRIBUNTAKALAR.COM, TAKALAR - Bupati Takalar, Syamsari Kitta, dinilai tidak merealisasikan salah satu janjinya dalam 22 program unggulan yang ia janjikan saat kampanye.

Janji tersebut ada pada poin 11 dari 22 program unggulannya. Yakni meningkatkan kesejahteraan ASN dan tenaga tehnis.

Anggota Komisi I DPRD Takalar dari Fraksi Demokrat, Ir Husniah Rachman Daeng Tayu, menanggapi persolan belum dibayarnya Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) ASN Takalar.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Takalar kurang mampu berkreasi, berinovasi, dan membaca sebuah aturan, sehingga TPP tidak terbayarkan.

"Sesungguhnya ada jalan keluar yang bisa dilakukan, sehingga TPP bisa dinikmati oleh ASN di Takalar," ujar Husniah Rachman kepada TribunTakalar.com, Rabu (3/7/2019).

Lanjutnya, persoalan anggaran pembangunan daerah itu sudah disusun dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Itu sudah kami plotkan sesuai kapasitas rill anggaran daerah.

"Jadi kita tidak bisa mengada-ada apalagi berandai-andai, karena kalau kita terlalu besar perencanaan tapi tiba giliran realisasi tidak bisa dipenuhi. Alangkah bagusnya kita lakukan sesuai kemampuan rill daerah saja," urai Husniah.

Menurutnya, TPP ini sudah melalui evaluasi gubernur, dan pengesahan dari Kemendagri.

"Sedangkan rekomendasi dari KPK itu secara lisan, bukan aturan dan tidak ilegal sifatnya," tegas Husniah.

"Kalau kita bicara anggaran, ada bagian-bagian tertentu yang harus dipahami, tidak bisa seenaknya. Itu baru dinamakan persetujuan antara DPRD dengan Pemerintah Daerah, sebagai satu kesatuan penyelenggara pemerintahan di daerah," tambah Husniah Rachman Daeng Tayu.

Husniah Rachman juga sangat menyayangkan pihak Pemkab Takalar karena sampai hari ini tidak bisa memperlihatkan rincian silpa tahun 2018.

"Setiap kami laksanakan rapat selalu mempertanyakan anggaran TPP itu, namun mereka mengatakan bahwa anggaran itu di silpa-kan," ujarnya.

Laporan wartawan TribunTakalar.com, Darullah, @uul_darullah.

Penulis: Darullah
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved