Sekolah Islam Athirah Makassar Hadirkan English Class, AEPP hingga Program Inklusi

Bagi pengelola, peningkatan pelayanan demi kepuasan dan kepercayaan masyarakat agar tetap eksis menjadi salah satu prioritas.

Sekolah Islam Athirah Makassar Hadirkan English Class, AEPP hingga Program Inklusi
sukma/tribuntimur.com
Suasana kunjungan Manajemen Sekolah Islam Athirah di ruang rapat Redaksi Tribun Timur, Selasa (2/7/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Sekolah Islam Athirah Makassar semakin gencar dalam menerapkan program-program yang dianggap relevan serta dibutuhkan masyarakat.

Bagi pengelola, peningkatan pelayanan demi kepuasan dan kepercayaan masyarakat agar tetap eksis menjadi salah satu prioritas.

Begitupun dengan kurikulum yang digunakan, tetap sama dengan pemerintah terapkan. Hanya saja didesain sedemikian rupa berdasarkan kondisi dan kebutuhan anak didiknya.

FOTO: Lembaga Bimbingan Belajar Amsterdam Institut Buka Cabang di Karebosi Condotel

FOTO: Silaturahmi Manajemen Tribun Timur ke Jasindo

Demikian disampaikan Penanggung jawab Unit Sekolah Islam Athirah, Patris Hasanuddin saat bertandang ke Redaksi Tribun Timur, Jl Cendrawasih No 430, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/7/2019).

Menurut Patris, pembeda Athirah dengan sekolah lainnya ialah Alquran menjadi hal wajib di masing-masing kelas setiap harinya.

Selain itu, Alquran bukan lagi pelengkap dalam pembelajaran melainkan menjadi sumber dari segala yang diajarkan.

"Selain membaca Alquran setiap hari sebelum proses belajar mengajar, perlu masyarakat juga tau bahwa Athirah selalu mengangkat materi pembelajaran langsung dari Alquran, sementara sebagai pelengkap barulah diambil dari teori pakar dan sebagainya," katanya.

7 Fakta Terbaru Pernikahan Saudara Kandung Asal Bulukumba, Dibuang Keluarga dan Keputusan Istri Sah

FOTO: Sekolah Islam Athirah Bertandang ke Redaksi Tribun Timur

Lebih lanjut, dijelaskan Patris mengenai program  Athirah Edu Parents Program (AEPP).

"Orang tua hanya membayar biaya SPP anaknya saja, mereka wajib mengikuti pelatihan sebagai sinkronisasi program sekolah dan pendidiakn di rumah," katanya.

"Sehingga tripusat pendidikan bisa tersalurkan yakni sekolah, masyarakat/lingkungan/pemerintah dan orang tua," ujarnya.

Tak hanya orang tua, program Athirah Kaizen khusus guru-guru agar mereka bisa melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

Sementara Kepala Sekolah SD Islam Athirah Makassar, Khasan, mengatakan sulit mendapatkan anak-anak yang memiliki keterampilan disertai karakter Alquran dan skill mengglobal.

"Memahami kondisi tersebut, setahun ini kami menghadirkan pilot project english class untuk satu kelas dan telah dievaluasi oleh orang luar, owner dan mereka kagum melihat anak-anak kelas 1 SD lancar bahasa Inggrisnya," katanya.

Khasan menekankan, sekolah di Athirah benefitnya banyak yakni anak-anak qurannya mantap, karakter baik dan berdaya saing global.

Terakhir,  Kepala Departemen Support & Learning Center, Muthmainnah menjelaskan program Inklusi yang telah diterapkan sejak September 2018 lalu.

"Menerima anak-anak berkebutuhan khusus atas permintaan orang tuanya tentu  sekolah tidak bisa menolak," katanya.

Dengan mempersiapkan banyak hal mulai dari edukasi, sistem hingga SDM, kini Athirah siap memberikan layanan tersebut.

"Kini sistem, SDM sudah dimiliki Athirah sehingga anak-anak berkebutuhan khusus pun bisa sekolah di Athirah dan bergabung dengan siswa lainnya di kelas reguler," ujarnya.

"Hanya saja anak berkebutuhan khusus yang dibagi beberapa kategori ini disamping ikut belajar di kelas reguler tanpa ada diskriminasi, mereka kemudian di kelas khsusus lagi dimana mereka dibina sesuai minat bakatnya," lanjutnya.

Mutmainnah berharap, program ini menjadi salah satu solusi bahwa anak berkebutuhan khusus tak harus belajar di tempat khsusu pula, anak-anak tersebut punya hal di kelas reguler. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved