KKB Persatukan Seluruh Warga Bulukumba di Makassar Lewat Halalbihalal

KKB aktif pasca-pelantikan Andi Badi Sommeng sebagai Ketua Umum KKB pada 24 Maret 2019 melalui musyawarah besar anggota.

KKB Persatukan Seluruh Warga Bulukumba di Makassar Lewat Halalbihalal
dokumen pribadi Andi Elvira Jayanti
Andi Elvira Jayanti

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) gelar halalbihalal di Gedung Baruga Badan Pertanahan Nasional Makassar, Minggu (30/6/2019).

'Merajut persatuan dalam memperkokoh ukhuwah insaniyah, wathaniyah, dan Islamiyah menjadi tema dalam kegiatan ini.

Forum yang lahir 9 Januari 2003 silam ini terbentuk atas inisiatif sepuluh tokoh masyarakat untuk memelihara hubungan baik dan kekerabatan sesama warga Bulukumba di perantauan.

KKB aktif pasca-pelantikan Andi Badi Sommeng sebagai Ketua Umum KKB pada 24 Maret 2019 melalui musyawarah besar anggota.

Badi merupakan satu dari sepuluh inisiator pembentuk KKB yang naik sebagai ketua umum menggantikan Andi Masykur Sultan yang mengisi kursi ketua di periode 2008-2018.

Filosofi KKB yang berbunyi “A’lemo Sibatu, Mali Siparappe, Sipakainga, Sipakalebbi” merupakan gabungan dari bahasa Bugis dan Konjo, yang berarti kita adalah kita semua bersaudara, saling mengangkat, saling mengingatkan dan saling menghargai.

Forum ini diharapkan kembali  mengikat rasa persaudaraan seluruh masyarakat yang berasal dari wilayah ujung selatan Sulawesi Selatan ini.

Koordinator Bidang Komunikasi dan Informasi KKB Andi Elvira Jayanti mengatakan Halalbihalal dilaksanakan selain untuk berkumpul juga menandai kembalinya forum yang sempat vakum selama satu dekade.

“Kita harapkan seluruh kelurga besar Bulukumba yang ada di perantauan, juga organisasi paguyuban daerah yang ada di Makassar untuk bisa hadir bersama-sama di Halal Bihalal ini,” kata Andi Vira dalam rilisnya ke Tribun, Minggu (30/6/2019).

Sebulan pasca memiliki ketua umum, forum yang menyatukan masyarakat yang bersal dari ujung selatan wilayah Sulawesi Selatan ini lanjut menggelar pelantikan pengurus KKB Pusat Makassar pada tanggal 27 April 2019.

"Kegiatan ini dirangkaikan dengan aksi sosial berupa bersih-bersih pantai, penanaman pohon di beberapa kecamatan, kunjungan ke Desa adat Ammatoa Kajang serta berbagi dengan dengan anak fakir miskin dan yatim piatu," tutur perempuan yang juga menjabat Kepala Sub-Bagian Publikasi Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel ini.

Selain itu, Andi Elvira juga menyebutkan KKB juga melaksanakan dialog  bersama Pemerintah Kota Makassar dan Dewan Pakar KKB, serta Buka Puasa Bersama dengan 1000-an Warga Bulukumba di Hotel Four Point Makassar.

Untuk itu, ia berharap dengan filosofi yang dijunjung bersama keluarga besar KKB, masyarakat Bulukumba tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas, apalagi menghadapi pemilihan Bupati dan Waki Bupati pada 2020 mendatang.(zis)

Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved