9 Kecamatan Terendam Banjir di Wajo, Segini Jumlah Kerugian

"Jika ditotal, estimasi kerugian akibat banjir kali ini 27.832.000.000 rupiah," kata Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Wajo, Alamsyah, Jumat (28/6/2019)

9 Kecamatan Terendam Banjir di Wajo, Segini Jumlah Kerugian
hardiansyah/tribunwajo.com
Banjir yang melanda pemukiman masyarakat di Kabupaten Wajo beberapa waktu lalu. 
TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Banjir memang sudah perlahan surut di Kabupaten Wajo. Status tanggap darurat bencana pun sudah berakhir. Kini, pemerintah Kabupaten Wajo memberlakukan masa transisi pemulihan darurat hingga 3 bulan ke depan.

Badan Penanggulangam Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo mencatat, banjir yang sempat melanda 9 kecamatan di Kabupaten Wajo tersebut menimbulkan kerugian yang tak sedikit.

"Jika ditotal, estimasi kerugian akibat banjir kali ini 27.832.000.000 rupiah," kata Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Wajo, Alamsyah, Jumat (28/6/2019).

15 Desa di Bulukumba Bakal di Audit, Panitia Pemilihan BPD Terancam Pidana

 7 Fakta Acara Musik di Dekat Rujab Wagub Dihentikan, Tamu Balon 01 Makassar, Ganggu Adik Menteri


Angka tersebut diperkirakan membengkak. Mengingat, hingga kini masih ada 45 desa/kelurahan di 7 kecamatan yang terdampak banjir.

Sejumlah infrastruktur rusak, seperti jembatan, jalanan, serta tanggul bantaran sungai. Pun, sebagian warga juga masih memilih mengungsi.

Aktivitas warga terganggu. Para petani, baik yang menanam padi maupun jagung merugi.
Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Wajo mencatat, ada 4.311 hektar sawah warga dan 1.433 hektar ladang jagung warga puso atau gagal panen.

7 Fakta Acara Musik di Dekat Rujab Wagub Dihentikan, Tamu Balon 01 Makassar, Ganggu Adik Menteri

Kabalitbangtan, Fadjri Jufri Minta Petani Segera Bumikan Hasil Penelitian di Lapangan


"Tentu, di masa transisi pemulihan darurat saat ini, kita perlu banyak bantuan untuk perbaikan akibat banjir," sambung Alamsyah.

Sejumlah bantuan pun diterima. Teranyar, bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan disalurkan Kamis (27/6/2019) kemarin.

Bantuan berupa sembako, pakaian serta obat-obatan diterima Pemerintah Kabupaten Wajo bersama beberapa kabupaten di Sulsel yang juga terdampak banjir.

Sekadar diketahui, 9 kecamatan yang terdampak banjir adalah Kecamatan Tempe, Kecamatan Tanasitolo, Kecamatan Belawa, Kecamatan Majauleng, Kecamatan Sabbangparu, Kecamatan Bola, Kecamatan Pammana, Kecamatan Keera dan Kecamatan Pitumpanua. (TribunWajo.com)

Laporan wartawan Tribun Timur @dari_senja
 

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow akun instagram Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved