Tahapan Pilkada 2020 Bergulir, KPU 12 Kabupaten di Sulsel Kumpul di Hotel

Jurdi menjelaskan, Rapat Koordinasi (Rakor) di Hotel Remcy sementara berlangsung dan rakor dilaksanakan hingga Jumat (28/6) besok.

Tahapan Pilkada 2020 Bergulir, KPU 12 Kabupaten di Sulsel Kumpul di Hotel
azis/tribuntimur.com
Komisioner Divisi Logistik dan Perencanaan KPU Sulsel Syarifuddin Jurdi

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Sulsel bergulir.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mengumpulkan komisioner KPU dari 12 kabupaten dan kota di Hotel Remcy, Jl Boulevard, Makassar, Rabu (26/6/2019).

“Iya, tahapannya sudah mulai dan beberapa kabupaten/kota sudah mulai membicarakan dengan pemerintah masing-masing,” kata Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, dan Logistik KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi, Rabu (26/6/2019).

Jurdi menjelaskan, Rapat Koordinasi (Rakor) di Hotel Remcy sementara berlangsung dan rakor dilaksanakan hingga Jumat (28/6) besok.

“Point utamanya kita membahas sekitar penganggaran Pilkada 2020,” ujar Dosen Ilmu Politik UIN Alauddin Makassar non-aktif itu kepada Tribun.

Rakor itu dimulai dari pembahasan perencanaan, lalu anggaran, kemudian pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Kemudian merumuskan penganggaran untuk setiap tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara di bawah. Misalnya, biaya terkait dengan Petugas Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih (PPDP) dan melakukan coklit dan seterusnya,” jelasnya.

“Termasuk juga membahas penganggaran diseputar kegiatan tahapan proses Pilkada sampai nanti di sengketa PHP (perselisihan hasil pemilu),” Jurdi menambahkan.

Secara umum, forum Rencana Kerja (Renja) itu, kata Jurdi, bertujuan untuk memperjelas proses penganggaran Pilkada serentak 2020 di kabupaten/kota.

Diketahui, 12 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak 23 September 2020, yakni Pangkep, Barru, Gowa, Maros, Soppeng, Luwu Timur, Luwu Utara, Bulukumba, Tana Toraja, dan Selayar, Makassar, Toraja Utara, dan Tana Toraja.(*)

Halaman
123
Penulis: Abdul Azis
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved