Produk Lokal Sulteng Diperkenalkan ke Pasar Nasional, IKM Diminta Terapkan GMP

Kegiatan memperkenalkan produk lokal itu, sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan bimtek good manufacturing practice (GMP).

Produk Lokal Sulteng Diperkenalkan ke Pasar Nasional, IKM Diminta Terapkan GMP
Muhakir Tamrin/tribunpalu.com
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan temu bisnlspromosi produk unggulan Sulawesi Tengah, Kamis (27/6/2019). 
TRIBUNPALU.COM, PALU -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, melaksanakan kegiatan temu bisnls/promosi produk unggulan Sulawesi Tengah, Kamis (27/6/2019). 

Kegiatan memperkenalkan produk lokal itu, sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan bimtek good manufacturing practice (GMP). 

GMP merupakan suatu pedoman bagi industri, terutama industri pangan, kosmetik, farmasi dan peralatan medis, untuk meningkatkan mutu hasil produksinya. 

Pada kesempatan itu, dihadirkan perwakilan pasar nasional, seperti transmart dan sarinah, dengan harapan bisa menyerap produk lokal Sulteng. 

Rebut Lima Kursi DPRD pada Pileg 2019, Ini Profil Ketua PKB Barru Aksah Kasim

Sambut HUT ke 73 Bhayangkara, Polres Wajo Santuni Puluhan Anak Yatim


Beberapa produk lokal asli yang diperkenalkan antara lain, hasil olahan kopi, bawang goreng, cokelat, dan lainnya.

Pemerintah Provinsi Sulteng memang mendorong produk lokal bisa merambah pasar nasional bahkan internasional. 

Olehnya, kualitas hasil industri perlu ditekankan kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM). 

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Industri (PPI) Dinas Perindag Sulteng, Bambang Mustanto mengatakan, perkembangan industri pangan yang pesat, menimbulkan masalah berkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh makanan dan menjadi ancaman bagi konsumen. 

Salah satu penyebab dari permasalahan tersebut adalah karena terjadi kontaminasi dalam proses produksi. 

Maka salah satu program pemerintah indonesia adalah mensyaratkan bagi industri pangan untuk menerapkan GMP. 

Pura-pura jadi Ojol, Begal Ini Ditembak Tiga Kali di Panakkukang

Lolos Ke Semifinal Piala Indonesia Madura United Bakal Bertemu PSM Makassar Tiga Kali Beruntun


GMP merupakan suatu pedoman bagi industri terutama industri yang berkaitan dengan pangan, kosmetik, farmasi dan peralatan medis untuk meningkatkan mutu hasil produksinya. 

"Temu usaha bisnis untuk meningkatkan nilai tambah daerah dan daya saing produk IKM yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional," ujarnya. 

Sebab lanjutnya, selain memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, juga dapat menyerap tenaga kerja. 

Pengembangan sektor IKM tidak dapat dilakukan secara parsial, namun memerlukan pendekatan yang komprehensif dan simultan dari seluruh unsur. 

Para IKM dituntut untuk mampu berdaya bersaing. sebab negara kita merupakan pasar yang besar yang diperebutkan di kawasan asean. 

GMP secara luas berfokus dan berakibat pada banyak aspek, baik aspek yang menyangkut pada proses produksi maupun proses operasi.

Agar tidak terjadi kontaminasi terhadap produk selama porses produksi dan produk tersebut aman digunakan oleh konsumen. 

Termasuk dalam pengendalian GMP adalah faktor fisik (mesin, peralatan, transportasi, kostruksi bangunan, dll), faktor higienitas dari anggota yang bekerja dan faktor kontrol operasi termasuk pelatihan dan evaluasi.

Berdasarkan hal tersebut kata Bambang, Dinas Perindag Sulteng melalui idang fasilitasi dan Informasi industri, melaksanakan kegiatan temu bisnls/promosi produk unggulan Sulteng.

"Kegitaan ini diharapkan agar pelaku usaha mendapatkan pedoman untuk memproduksi makanan yang bermutu dan layak untuk konsumsi, sehingga kepercayaan masyarakat meningkat, dan IKM makin berkembang," terangnya. (TribunPalu.com/Muhakir Tamrin)
 

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp 
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Follow IG resmi Tribun Timur:

Silakan Subscribe Youtube Tribun Timur:

Penulis: Muhakir
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved