Foto Jenazah Ayah dan Anak Terapung dalam Satu Bungkusan Picu Protes, Cerita di Baliknya Memiriskan

Foto jenazah ayah dan anak terapung dalam satu bungkusan picu protes tajam, cerita di baliknya memiriskan.

Foto Jenazah Ayah dan Anak Terapung dalam Satu Bungkusan Picu Protes, Cerita di Baliknya Memiriskan
AFP VIA BBC NEWS INDONESIA
Tenggelamnya migran ayah dan putrinya yang berumur dua tahun asal El Salvador ketika mencoba menyeberang ke AS ini telah menyebabkan debat politik yang emosional di Amerika. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Foto jenazah ayah dan anak terapung dalam satu bungkusan picu protes tajam, cerita di baliknya memiriskan.

Foto itu menggambarkan dua jenazah - seorang ayah dan putrinya yang masih balita - terbungkus sama-sama dan terapung di perairan dangkal.

Itu adalah foto Oscar Ramirez dan putrinya Valeria, yang tenggelam ketika menyeberang Sungai Rio Grande.

Foto ini tersebar di internet dan menyebabkan protes keras terhadap perlakuan pemerintahan Donald Trump kepada migran anak-anak di kamp tahanan sepanjang perbatasan Amerika Serikat dan Meksiko.

BBC News Indonesia memutuskan menampilkan foto itu di artikel ini, dan memperingatkan para pembaca bahwa foto ini bisa menyebabkan Anda terganggu.

Foto ini sudah memiliki dampak dalam perdebatan publik di Meksiko di mana Presiden Andrés Manuel López Obrador menyebut foto ini "sangat patut disesali".

Sementara di AS, perdebatan tentang kebijakan pemerintahan Trump terhadap migran anak jadi dipenuhi emosi.

Anggota Kongres dari Partai Demokrat Alexandria Ocasio-Cortez dengan tidak ragu menyebut kamp penahanan migran - di mana anak-anak ditahan selama berminggu-minggu - sebagai "kamp konsentrasi".

Kontroversi ini menyebabkan mundurnya pejabat Badan Perlindungan Perbatasan dan Bea Cukai AS, John Sanders, hari Selasa (25/6/2019).

Di tengah panasnya debat, parlemen Amerika meloloskan paket bantuan sebesar US$4,5 miliar (sekitar Rp63 triliun) guna meningkatkan standar kehidupan bagi migran yang terjebak di perbatasan AS-Meksiko.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved