Earth Hour Makassar Edukasi Masyarakat Membuat Reusable Bag, Upaya Pengurangan Sampah Plastik

Komunitas Earth Hour (EH) Makassar intens mengkampanyekan kelesterian lingkungan. Salah satunya sosialisasi pengurangan kantong plastik.

Earth Hour Makassar Edukasi Masyarakat Membuat Reusable Bag, Upaya Pengurangan Sampah Plastik
Dokumentasi Komunitas Earth Hour
Anggota Komunitas Earth Hour sedang memberi edukasi tentang bahaya sampah plastik kepada seorang warga 

 TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Komunitas Earth Hour (EH) Makassar intens mengkampanyekan kelesterian lingkungan. Salah satunya sosialisasi pengurangan kantong plastik.

Berbagai upaya dilakukan. Selain memberi edukasi kepada masyarakat mengenai dampak berkepanjangan sampah plastik untuk lingkungan, EH Makassar juga gencar melaksanakan kegiatan workshop yang menitikberatkan pada pembuatan reusable bag atau tas belanja yang dapat digunakan berulang-ulang.

Nah, kegiatan ini dilakukan bersamaan gelaran Makassar International Writers Festival (MIWF) 2019 di Benteng Fort Rotterdam selama empat hari. Dilaksanakan sejak Rabu (26/6/2019) kemarin hingga Sabtu (29/6/2019) besok lusa.

"Karena tahun ini MIWF mengusung konsep zero waste, jadi kami diminta untuk turut ambil bagian. Makanya disini kami hadir selama empat hari juga untuk mengedukasi pengunjung, cara membuat tas belanja ramah lingkungan dari kantong plastik," ujar Basman, Koordinator Kota Earth Hour Makassar seperti dikutip dari rilsi yang diterima, Kamis (27/6/2019).

Reusable bag, lanjut Basman, terbuat dari bahan baju kaos bekas yang tak terpakai lagi, sehingga tidak memerlukan biaya dalam proses pembuatannya.

"Bagian bawah kaosnya digunting seperti rumbai lalu diikat. Terus bagian lengannya juga digunting," jelasnya.

Pihaknya berharap mindset atau pola pikir masyarakat berubah. Memanfaatkan tas ramah lingkungan ketimbang menggunakan kantong plastik.

"Coba bayangkan, seandainya setiap orang membawa tas belanja ramah lingkungan, maka kita bisa menekan sampah plastik yang tidak lagi terbuang ke lingkungan," ucapnya.

Kata Basman, persoalan lingkungan adalah tanggung jawab bersama. (*)

Penulis: Alfian
Editor: Ilham Mulyawan Indra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved