Bapenda Enrekang Mulai Terapkan Pengutan Pajak Online di Hotel dan Rumah Makan

Bapenda Enrekang terus menggenjot pendapatan daerah dengan sistem yang transparan.

Bapenda Enrekang Mulai Terapkan Pengutan Pajak Online di Hotel dan Rumah Makan
Haleng Lajju
Bapenda Enrekang melakukan sosialisasi dan launching pemasangan alat rekam transaksi pajak hotel dan restaurant serta warung makan di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Enrekang terus menggenjot pendapatan daerah dengan sistem yang transparan.

Kali ini mereka, melakukan sosialisasi dan launching pemasangan alat rekam transaksi pajak hotel dan restaurant serta warung makan.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Enrekang, Asman dan pihak Bank Sulselbar serta KPK Perwakilan Sulsel itu dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang.

Baca: Gaji Tenaga Keagamaan Enrekang Tembus Rp 2 Juta Per Bulan

Baca: Satres Narkoba Polres Enrekang Ciduk Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkotika di Maiwa

Baca: Kapolres Enrekang Ajak Masyarakat Meriahkan Sepeda Santai, Beragam Hadiah Menanti

Kepala Bapenda Enrekang, Haleng Lajju, mengatakan, penerapan program tersebut adalah implementasi dari MoU antara Pemprov dan Pemkab dengan PT Bank Sulselbar.

Dalam hal ini pelaksanaan program tersebut bakal didampingi dan diawasi oleh tim Koordinasi Supervisi pencegahan korupsi KPK perwakilan Sulsel.

"Kita sudah kerjasama dengan Bank Sulsel dan pemilik warung dan hotel untuk lakukan pemungutan pajak, jadi bukan pegusaha yang dipungut pajaknya tapi konsumen dan pengguna layanan," kata Haleng Lajju, Kamis (27/6/2019) siang.

Ia menjelaskan, dalam tahap awal penerapan pungutan pajak berbasis online tersebut baru satu kafe dan satu hotel yang telah diuji coba.

Yaitu Kafe Bro di Jl Swiss, Kelurahan Juppandang dan salah satu hotel di Kota Enrekang.

Ke depan, Haleng memastikan bakal diterapkan secara massif di seluruh hotel dan restaurant atau warung makan di Kabupaten Enrekang.

Namun dengan melihat prospeknya seperti apa, karena sistem itu sudah lama diterapkan di Makassar dan hasilnya sangat efisien pada pemasukan di PAD.

Halaman
12
Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved