Lahan Pertanian Warga Dilanda Banjir, Masyarakat 3 Desa di Luwu Timur Minta Vale Bertanggungjawab

Warga yang meminta pertanggungjawaban dari Desa Loeha, Tokalimbo, Kecamatan Towuti dan Desa Balantang, Kecamatan Malili.

Lahan Pertanian Warga Dilanda Banjir, Masyarakat 3 Desa di Luwu Timur Minta Vale Bertanggungjawab
Ivan/Tribun Timur
Warga tiga desa menuntut tanggung jawab PT Vale Indonesia akibat beberapa hektare lahan pertanian warga di tiga desa tergenang karena banjir. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Warga tiga desa di Kecamatan Malili menuntut bertanggung jawab PT Vale Indonesia akibat beberapa hektare lahan pertanian terendam air banjir.

Lahan pertanian warga yang terendam air banjir tersebut berada di Desa Loeha, Tokalimbo, Kecamatan Towuti dan Desa Balantang, Kecamatan Malili.

BPM Makassar Monitoring dan Evaluasi LPM Biringkanaya

VIRAL, ini Isi Surat Patra Marinna Jauhari Jelang Kematiannya, Baju Putih Kering Berkeringat

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam melakukan pertemuan mediasi melibatkan Dinas Pertanian, BKSDA, TNI, polisi dan manajemen PT Vale Indonesia di halaman Kantor Desa Loeha, Senin (24/6/2019).

Sebelumnya Pemkab bersama masyarakat dan PT Vale Indonesia sudah menyepakati kenaikan debit air maksimal 319.60 MPDL.

Kesepakatan itu kemudian menjadi acuan bersama untuk memberikan ganti rugi bagi masyarakat yang tanahnya tenggelam.

Kenaikan debit air karena curah hujan yang cukup tinggi. Debit air Danau Towuti naik dari 319,60 MPDL sesuai kesepakatan, menjadi 319,94 MPDL.

PT Vale Indonesia diminta memberikan kompensasi atas kejadian tersebut karena lahan pertanian dan sebagian rumah warga juga terkena dampaknya.

Dalam mediasi masyarakat dengan PT Vale Indonesia berlangsung cukup alot dari pagi hingga malam hari.

Irwan menyarankan dibentuknya tim yang merupakan perwakilan masyarakat, dinas pertanian, PT Vale Indonesia dan pemerintah desa setempat.

"Tim nantinya akan melakukan verifikasi dan inventarisir kerugian masyarakat yang ditimbulkan dari bencana banjir tersebut," kata Irwan kepada TribunLutim.com, Selasa (25/6/2019).

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved