Hari Ini Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng Ikut Gelar Lomba Baca Estafet

Tema meningkatkan minat dan kemampuan membaca anak upaya peningkatan SDM masyarakat Bantaeng, yang sejahtera lahir batin berbasis agama dan kearifan

Hari Ini Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng Ikut Gelar Lomba Baca Estafet
Nurwahidah/Tribun Timur
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng, bagian bidan penyelenggaraan dan perpustakaan menggelar, Lomba membaca estafet tingkat SD/MI seKabupaten Bantaeng tahun 2019 di Ruang Baca Perpustakaan Umum Daerah Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa (25/6/2019) pagi. 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng, bagian bidang penyelenggaraan dan perpustakaan menggelar, lomba membaca estafet  tingkat SD/MI se Kabupaten Bantaeng tahun 2019 di Ruang Baca Perpustakaan Umum Daerah Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa  (25/6/2019) pagi.

Tema meningkatkan minat dan kemampuan membaca anak  upaya peningkatan SDM masyarakat Bantaeng, yang sejahtera lahir batin berbasis agama dan kearifan lokal.  

Becamex Dihantui Kelelahan Fisik Pemain, Keuntungan Bagi PSM Makassar?

Perawat Asal Palopo Meninggal di Papua, PPNI Gunakan Pita Hitam

Bupati Bantaeng diwakili asisten I Hartawan Zainuddin, 
kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Estha Karim, kepala bidan penyelenggaraan dan perpustakaan Hj Sitti Nurlaeliah.

Serta juri Haris, Ahmad Karim,  Sulham Yusuf dan Dion Syarif, ketua penitia kepala bidang pebinaan dan pengawasan Perpustakaan dan kearsipan  Poniman, serta guru pendamping, dan 32 peserta lomba.

Poniman mengatakan bahwa, tujuan kegiatan diantaranya sebagai sarana meningkatkan minat  dan kemampuan membaca anak, dan melatih kekompakan dan kebersamaan antar siswa. 

Menurutnya, dalam rangka menumbuhkankembangkan minat dan kebiasaan membaca masyarakat  haruslah dimulai dari usia anak, kerena membaca merupakan kegiatan  yang mudah dilakukan namun sulit untuk  menjadikan suatu kebiasaan. 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng, bagian bidan penyelenggaraan dan perpustakaan menggelar, Lomba membaca estafet  tingkat SD/MI seKabupaten Bantaeng tahun 2019 di Ruang Baca Perpustakaan Umum Daerah Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa  (25/6/2019) pagi.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantaeng, bagian bidan penyelenggaraan dan perpustakaan menggelar, Lomba membaca estafet tingkat SD/MI seKabupaten Bantaeng tahun 2019 di Ruang Baca Perpustakaan Umum Daerah Bantaeng, Sulawesi Selatan, Selasa (25/6/2019) pagi. (Nurwahidah/Tribun Timur)

"Kebiasaan membaca belum  membudaya  pada masyarakat khsusnya dikalangan siswa.  Kegemaran membaca bukanlah  faktor keturunan. Kegemaran  atau kebiasaan membaca dapat diperoleh melalui pebiasaan  dan latihan yang kontinyu, "ujarnya. (*)

Pasalnya, mengapa siswa enggan  membaca? karena mereka belum  merasakan kegiatan membaca  sebagai suatu kebutuhan. Mereka masih beranggapan  bahwa  membaca  sebagai kewajiban.

Lantas bagaimana cara menumbuhkankembangkan  lminat baca pada siswa. Upaya  yang dapat dilakukan melalui l lingkungan kelauarga, Sekolah dan masyarakat. Salah satunya melalui lomba estafet.

Sehari sebelumnya Dinas Perpustakaan Gowa juga menggelar lomba baca estafet yang sama. Lomba tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak.(*)
Laporan Wartawan TribunBantaeng.com, Nurwahidah, IG: @ Nur_Wahidah_Saleh

Langganan Berita Pilihan 

tribun-timur.com di Whatsapp 

Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Nurwahidah
Editor: Syamsul Bahri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved