Pemkab Gowa Gelar Lomba Baca Estafet, Ini Tujuannya

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Muhammad Taslim mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca anak melalui bacaan.

Pemkab Gowa Gelar Lomba Baca Estafet, Ini Tujuannya
Humas Pemkab Gowa
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni membuka lomba baca estafet, bercerita tingkat SD/MI, dan lomba pidato tingkat SMP/Mts. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kembali menggelar lomba baca estafet, bercerita tingkat SD/MI, dan lomba pidato tingkat SMP/Mts.

Kegiatan kali ini dihelat di Baruga Karaeng Galesong, Senin (24/6/2019) siang.

Dua Residivis Penjambret Tak Berkutik Saat Dijemput Polisi Parepare

Fashion Festival Tenun Budaya Daerah, Diharapkan Dapat Mengendorse Produk Lokal

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Muhammad Taslim mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya gemar membaca anak melalui bacaan yang berisi tentang kebudayaan, dan nilai kepahlawanan.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin kita dan ketiga kalinya dilaksanakan untuk membantu meningkatkan minat baca anak sebagai penerus bangsa, dan mempopulerkan kembali cerita budaya daerah yang isinya membangun karakter," ungkapnya.

Taslim menjelaskan, kegiatan ini akan berlangsung hingga Rabu 26 Juni mendatang dengan total peserta lomba bercerita 20 orang, lomba baca estafet 20 tim (60 orang), dan lomba pidato 20 orang.

"Semua lomba dilakukan dalam satu tahap dan keputusan juri akan bersifat final, dan masing-masing pemenang pertama akan mewakili ditingkat provinsi nantinya," bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni sekaligus membuka lomba tersebut mengatakan, kegiatan seperti ini sangat baik dilaksanakan.

Apalagi saat ini minat baca anak sangat berkurang karena dipengaruhi oleh teknologi yang semakin berkembang yaitu smarphone.

Menurutnya, generasi millenial sekarang minat bacanya masih rendah. Salah satu pengaruh karena kecanggihan smartphone.

"Akhirnya anak lebih tertarik dengan sosial media dan youtube dibandingkan menggunakan smartphone untuk membaca, sehingga lomba ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan minat baca anak," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved