Tingkatkan Pendapatan Daerah, Ini Dilakukan Pemda Gowa

Kepala Bapenda Gowa Ismail Majid mengatakan, sistem pembayaran dan pemungutan pajak, atau retribusi akan dilakukan secara online.

Tingkatkan Pendapatan Daerah, Ini Dilakukan Pemda Gowa
Foto Humas Pemkab Gowa
Kepala Bapenda Gowa Ismail Majid. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, akan memberlakukan sistem pembayaran dan pemungutan pajak daerah serta retribusi secara daring atau online.

Hal itu dilakukan dalam rangka mendorong optimalisasi pendapatan daerah.

Baca: Mau Liburan ke Takalar ? Intip Prakiraan Cuacanya Dulu

Baca: Debat Seru Rocky Gerung vs Ngabalin Bahas Bisakah Jokowi Diskualifikasi Orde Baru Saya di Penjara

Kepala Bapenda Gowa Ismail Majid mengatakan, sistem pembayaran dan pemungutan pajak, atau retribusi akan dilakukan secara online, maka sifatnya akan lebih transparan dan akuntabel.

"Bahkan langkah ini akan sangat mendorong peningkatan pendapatan daerah kedepannya," kata Ismail Majid di Gowa, Minggu (23/5/2019).

Ia menyebutkan, kontribusi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari sektor penerimaan pajak dan retribusi sekitar 10,59 persen, dari total belanja daerah sekitar Rp 2 triliun.

Hal itu tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah, Kabupaten Gowa pada tahun 2019.

Kondisi ini dinilai memberikan gambaran, mengenai masih tingginya tingkat ketergantungan pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat.

Ismail Majid melanjutkan, dengan kondisi tersebut, maka Pemkab Gowa menganggap perlu mendorong kemandirian keuangan daerah.

"Hal ini untuk mampu melakukan intensifikasi, dan ekstensifikasi penerimaan dari sektor pajak dan retribusi, demi meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak," ujarnya.

Sebelumnya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gowa telah melakukan sosialisasi implementasi mekanisme pembayaran dan pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah secara online sebagai tahap awal.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved