Deteksi Gempa, BMKG Akan Bangun Seismograf di Pinrang

Rencananya, seismograf tersebut akan dipasang di dua titik yakni di Desa Malimpung, dan Kelurahan Benteng, Kabupaten Pinrang.

TRIBUNPAREPARE.COM, UJUNG- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar, akan membangun shelter dua alat seismograf di Kabupaten Pinrang.

Rencananya, seismograf tersebut akan dipasang di dua titik yakni di Desa Malimpung, dan Kelurahan Benteng, Kabupaten Pinrang.

Baca: HUT Bhayangkara, Ini Dilakukan Wali Kota Palopo

Baca: Akses Poros Dua Boccoe - Cenrana Bone Kembali Terendam Banjir

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Makassar, Siswanto mengungkapkan, pembangunan shelter seismograf ini adalah, tindak lanjut dari penandatanganan MoU, antara pihak Pemerintah Kabupaten Pinrang, dan BMKG Makassar.

Apalagi Kabupaten Pinrang dilalui patahan koro dan walanae.

 

“Salah satu faktor utama pemasangan alat pendeteksi gempa ini adalah, agar proses analisis menghasilkan desiminasi yang tepat, cepat, dan akurat," ujar Siswanto, Minggu (23/6/2019).

Sehingga manfaatannya dalam sistem peringatan dini, dapat membuat masyarakat lebih adaptif, dan meminimalisir jumlah korban bencana alam khusus gempa bumi.

"Rencananya pemasangan shelter akan dilakukan tahun ini,” ujar Siswanto, dalam rilisnya ke tribun timur.

Siswanto juga mengungkapkan, pemasangan alat ini adalah sebagai pelengkap dari sistem kerja sensor sensor, pendeteksi yang telah dipasang sebelumnya di Kabupaten Lain.

Sensor seismograf yang di pasang di Pinrang ini nantinya, akan mengirim data lebih cepat, sehingga penanganan bisa secepatnya dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi.

"Kami sangat berharap, dengan adanya pemasangan alat sensor ini, kerja sama yang dibangun antara BMKG Sul Sel dengan dinas - dinas di Kabupaten Pinrangk seperti BPBDk dan Dinas Perikanan dan kelautan Kabupaten Pinrangk terus berlanjut” pungkas Siswanto.

Halaman
12
Penulis: Mulyadi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved