Pemkab Lutim Belajar Pengembangan Wisata Danau di Samosir

Selain mempelajari konsep pengembangan wisata Danau Toba, rombongan dipimpin Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam juga kaji tiru pengembangan ka

Pemkab Lutim Belajar Pengembangan Wisata Danau di Samosir
Humas Pemkab Lutim
PT Vale Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur dan Lembaga Adat Mokole Matano mempelajari konsep pengembangan wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (19/6/2019). 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - PT Vale Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur dan Lembaga Adat Mokole Matano mempelajari konsep pengembangan wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (19/6/2019).

Selain mempelajari konsep pengembangan wisata Danau Toba, rombongan dipimpin Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam juga kaji tiru pengembangan kapasitas dan kelembagaan adat.

Serbu Promo Back to School di Gramedia Makassar, Hingga Akhir Juli 2019

Bupati Luwu Utara ke Azerbaijan, Georgia dan Turki, Simak Tujuannya

Irwan yang juga ketua tim koordinasi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) mengatakan, kunjungan di Samosir ingin melihat langsung, menggali informasi serta mendalami langkah pengembangan pariwisata.

Termasuk mempelajari konsep pengembangan desa dan kampung wisata dan mempelajari pengelolaan wisata berbasis potensi alam dan budaya serta mencari ide baru dalam pengembangan.

Menurut Suami Ani Nurbani, pertumbuhan industri pariwisata di Kabupaten Samosir sangat pesat. "Tak salah lagi jika pemkab menjadikan Samosir sebagai pusat study banding untuk meniru kebijakan pembangunan pariwisatanya," kata Irwan kepada TribunLutim.com, Sabtu (21/6/2019).

Menurutnya, ada beberapa tempat wisata di Samosir hampir mirip di Luwu Timur, potensi pengembangan kepariwisataan di Samosir dapat menjadi contoh model dalam mempermudah langkah pengembangan industri pariwisata di Luwu Timur.

"Saya ajak tim ke Samosir untuk kaji tiru agar bisa tertularkan semangat dalam mengembangkan pariwisata Luwu Timur,"

"Mudah-mudahan pasca pertemuan ini, turut membuka peluang untuk menggagas kelanjutan kerjasama dalam bentuk MoU," imbuhnya.

PT Vale Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur dan Lembaga Adat Mokole Matano mempelajari konsep pengembangan wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (19/6/2019).
PT Vale Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur dan Lembaga Adat Mokole Matano mempelajari konsep pengembangan wisata Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (19/6/2019). (Humas Pemkab Lutim)

Kaji tiru bagian program pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PPKPM) PT Vale Indonesia untuk Kecamatan Nuha yang fokus pada pengembangan pariwisata.

Irwan ditemani Plt Asisten Ekbang dan Pengembangan Infrastruktur, Budiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Andi Tabacina Akhmad, Kepala Dinas Perhubungan, Andi Makkaraka, Kabag Pemerintahan, Senfry Oktavianus, PT Vale Indonesia, Aswadin, Makole Nuha, Andi Baso.

Halaman
12
Penulis: Ivan Ismar
Editor: Syamsul Bahri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved