Baksos, Perdami Gelar Operasi Katarak Gratis di Toraja Utara

Baksos berupa operasi katarak gratis di RS Umum Elim Rantepao di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Sabtu (22/6/2019) siang.

Baksos, Perdami Gelar Operasi Katarak Gratis di Toraja Utara
Gabriel Steven
Para dokter dari Perdami menggelar Baksos nasional operasi katarak gratis di RS Umum Elim Rantepao di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Sabtu (22/6/2019) siang. 

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO-- Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) menggelar Bakti Sosial (Baksos) nasional.

Baksos berupa operasi katarak gratis di RS Umum Elim Rantepao di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel, Sabtu (22/6/2019) siang.

Sekitar 150 pasien siap dioperasi katarak dari 300 lebih pendaftar yang telah melakukan pemeriksaan atau screening.

Enam dokter spesialis mata mengambil bagian dalam Baksos berasal dari Perdami Sulsel dan 15 dokter spesialis mata dari berbagai provinsi.

Enam Rumah Hangus Terbakar di Jalan Sinassara, Ini Instruksi Pj Wali Kota Makassar

25 Mahasiswa Unhas Belajar ke Universitas Eropa, Australia dan Kanada

Ketua Persatuan Dokter Mata Indonesia Sulawesi Selatan, dr Habibah S Muhidin, Sp M menuturkan jika, Perdami sangat serius menekan angka kebutaan diakibatkan katarak.

"Untuk Sulsel di Tana Toraja dan Toraja Utara angka kebutaan akibat katarak masih tinggi, maka sebab itu, Baksos nasional tahun ini kami adakan di Toraja Utara," tutur Habibah.

Lanjutnya, katarak bukanlah penyakit tetapi katarak terjadi akibat penuaan mata, sehingga beberapa unsur menyebabkan penuaan mata adalah cahaya matahari dan stunting.

"Orang sering bekerja dilapangan akan lebih cepat terkena katarak, dan salah satu menjaga mata adalah menjaga pola hidup dan sering mengkonsumsi buah-buahan," tambahnya.

Hipmus Wakili Toraja Utara di Liga Pelajar Menpora Cup 16

TRIBUNWIKI: Ennichisai 2019 Jadi Trending Topic Google, Acara Apakah Itu? Ini Dia

Sementara, Direktur RS Elim Rantepao, dr Hendrik Saranga mengatakan, yayasan RS Elim Rantepao sangat mendukung kegiatan baksos.

Itu demi menekan angka kebutaan yang disebabkan katarak serta rasa kepedulian kepada orang tua dimasa tuanya yang harus mengalami katarak.

"Pihak RS Elim Rantepao sendiri kedepannya berupaya menyiapkan fasilitas untuk mengobati penyakit mata, dan sementara ini kami telah menyekolahkan dokter yang berkompeten," kata Hendrik.

Selain itu, dr J Palimbong sangat apresiasi kepada Perdami dan dokter mata dari berbagai provinsi yang hadir dan memilih Toraja Utara melakukan kegiatan Baksos nasional.

"Dengan kegiatan inilah, angka kebuataan akibat katarak dapat ditekan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Toraja Utara pada khususnya bahwa mata sangat penting untuk dijaga," ujarnya.

"Terlebih pada era modern sekarang pada pemakaian alat elektronik seperti ponsel  untuk anak-anak yang harus diminimalisir," tutup dr J Palimbong. (*)

Laporan Wartawan TribunToraja.com, @cinnank17

Langganan Berita Pilihan tribun-timur.com

di Whatsapp Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Risnawati M
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved