Status Tanggap Darurat Bencana di Wajo Berakhir, Banjir Masih Landa 7 Kecamatan

Adalah Kecamatan Tempe, Kecamatan Tanasitilo, Kecamatan Majauleng, Kecamatan Pammana, Kecamatan Bola, Kecamatan Belawa, dan Kecamatan Sabbangparu.

Status Tanggap Darurat Bencana di Wajo Berakhir, Banjir Masih Landa 7 Kecamatan
Puang Hendra
Kondisi pemukiman warga di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo yang terendam banjir. 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Status tanggap darurat bencana di Kabupaten Wajo berakhir, Jumat (21/6/2019) hari ini. Sayangnya, banjir masih melanda 7 kecamatan di Bumi Lamaddukelleng tersebut.

Adalah Kecamatan Tempe, Kecamatan Tanasitilo, Kecamatan Majauleng, Kecamatan Pammana, Kecamatan Bola, Kecamatan Belawa, dan Kecamatan Sabbangparu.

Usai Dilantik Wakil Pengadilan Agama Palopo, Diharapkan Mampu Tingkatkan Kinerja PA

Persib Bandung Terancam Tampil Tanpa 2 Pemain Andalan Ini Kala Menghadapi Madura United, Terancam?

Terbaru, ketinggian air di Bendun Gerak Sengkang, sudah menunjukkan penurunan. Jika sebelum-sebelumnya menunjukkan angka 7,5 meter, saat ini sudah 7,3 meter.

Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamasyah menyebutkan, pihaknya bakalan mengajukan status transisi pemulihan darurat hingga 3 bulan ke depan.

"Kita sudah ajukan ke Pak Bupati, mulai besok status transisi pemulihan darurat hingga 3 bulan ke depan," katanya kepada Tribun Timur, Jumat (21/6/2019).

Status transisi pemulihan tersebut diambil, sambung Alamsyah, mengingat ketinggian air mulai surut di berbagai tempat, begitu juga pengungsi sebagian kembali ke rumah.

"Namun masih ada beberapa perlu diperbaiki baik infrastruktur maupun sarana lainnya," sambubg mantan Kabag Kesra Pemkab Wajo tersebut.

BPBD Kabupaten Wajo mencatat, per 19 Juni, setidaknya ada sekitar 481 jiwa yang mengungsi, 9.253 ha sawah, 3.124 ha kebun, dan 135 ha tambak terdampak banjir. Belum lagi jembatan, fasilitas sekolah, pasar, jalanan yang juga tak luout dari banjir tahunan tersebut.

Kondisi pemukiman warga di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo yang terendam banjir.
Kondisi pemukiman warga di Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo yang terendam banjir. (Puang Hendra)

Diketahui, pada Sabtu (8/6/2019) lalu, pemerintah mengeluarkan status tanggap darurat bencana selama 7 hari, lalu kembali diperpanjang hingga 7 hari mengingat banjir tak menunjukkan tanda-tanda surut.

Bahkan, hingga status tanggap darurat bencana tersebut berakhir, banjir masih menggenangi kurang lebih 14.000 unit rumah di Kabupaten Wajo.

Banjir melanda Kabupaten Wajo sehari sebelum Idulfitri 2019, Selasa (4/6/2019) lalu. Sempat surut di beberapa daerah, banjir kembali datang pada Sabtu (8/6/2019) hingga meluas ke 9 kecamatan. (TribunWajo.com)

Laporan wartawan Tribun Timur @dari_senja

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Subscribe YouTube Tribun Timur

Juga Follow IG resmi Tribun Timur

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved