Konferwil ke-3 NU Sulbar, Aswan Achsa: Jangan Lagi Ada Suara Tidak Ada Gambar

Konferwil rencananya, akan digelar pada pertengahan Juli 2019 di Pondok Pesantren Uhyaul Ulum DDI Baruga, Kabupaten Majene.

Konferwil ke-3 NU Sulbar, Aswan Achsa: Jangan Lagi Ada Suara Tidak Ada Gambar
dokumen pribadi Aswan Achsa
Aswan Achsa

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - Konferensi Wilayah (Konferwil) PWNU Sulawesi Barat, akan digelar dalam waktu dekat.

Sejumlah calon ketua Tanfidziayah dari kalangan tokoh-tokoh NU Sulbar mulai bermunculan. Mulai dari kalangan praktisi, birokrat dan kiyai.

Konferwil rencananya, akan digelar pada pertengahan Juli 2019 di Pondok Pesantren Uhyaul Ulum DDI Baruga, Kabupaten Majene.

Mantan Sekertaris NU Sulawesi Barat, Aswan Achsa, berharap, pada Konferwil ke-3 ini, tidak melahirkan nahkoda yang hanya memanfaatkan NU dalam kepentingan pribadi.

Kata dia, NU secara organisatoris lebih banyak dikenal dikalangan atas, tapi pada tingkat grassroots (kultul) sangat lemah.

"Tapi dalam praktek keagamaan, mereka (masyarakat) adalah Aswaja,"ucap Aswan kepada Tribun-Timur.com, Jumat (21/6/2019).

Namun, karena penguatan struktur menjadi prioritas, akibatnya pada tingkat kultur tidak terurus.

"Jangan lagi ada suara tidak ada gambar, seperti yang terjadi selama ini," tegas pendiri LAPAR Sulsel itu.

Kenyataannya yang terjadi selama ini menurut Aswan, NU ada ketika ada, momentum, itupun hanya dinikmati oleh elit organisasi.

"Sementara di kultur, ketika ada problem, hampir tidak ada saluran ke NU untuk ikut menyelesaikan. Akibatnya kelompok-kelompik garis keras bermunculan dikarenakan peran NU yang tidak massif,"ungkap mantan Ketua Cabang PMII Makassar itu.

Padahal, menurutnya, jamaah NU di Sulbar begitu besar, namun lemahnya struktur dan tidak intensnya komunikasi secara organisatoris menyebabkan komunitas berjalan sendiri.

"Bersyukur ada Kyai, ada aktivitas yang mengaku NU. Coba kalau tidak,"turur Aswan.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @nurhadi5420

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved