Konsumsi Avtur Turun 8 Persen, Aktivitas Pesawat Turun 20,4 Persen di SHIAM

Periode Rafi mulai (21/5/2019) hingga (20/6/2019), konsumsi avtur mengalami penuruanan signifikan mencapai 8 persen terjadi pada produk avtur di Sulaw

Konsumsi Avtur Turun 8 Persen, Aktivitas Pesawat Turun 20,4 Persen di SHIAM
Muh Abdiwan/Tribun Timur
General Manager PT Pertamina MOR VII Joko Pitoyo memantau kondisi fisik armada mobil tanki pertamina usai pembukaan Haji Flight di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin, Senin (24/7/2017). Untuk mendukung penerbangan haji tahun 2017, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi menyiapkan tambahan pasokan avtur sebanyak 12-13 persen dari rata-rata penyaluran normal harian. tribun timur/muhammad abdiwan 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII Salawesi mencatat, konsumsi bahan bakar pesawat atau avtur, turun selama masa satgas Ramadan dan Idulfitri (Rafi) 1440 Hijriah.

Periode Rafi mulai (21/5/2019) hingga (20/6/2019), konsumsi avtur mengalami penuruanan signifikan mencapai 8 persen terjadi pada produk avtur di Sulawesi.

Unit Manager Communication & CSr Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan mengatakan dari enam Depot Pengisian Pesawat Udara yang menyiapkan avtur di Sulawesi.
Rata-rata konsumsi avtur selama periode dua minggu sebelum dan sesudah lebaran hanya sekitar 887 Kiloliter (KL) hari.

Bupati Luwu Timur Ungkap Investasi Belum Berjalan Maksimal, Bersiap Buka Peluang Investor

 8 Keutaman Shalat Tahajud Bagi Umat Muslim,Bisa Mencegah Penyakit, Mari Biasakan Diri Mengamalkannya


"Padahal normalnya, rerata harian sepanjang 2019 mencapai 960-an KL," kata Hatim di sela Halalbihalal di Goedang Popsa Jl Ujung Pandang Makassar, Kamis (20/6/2019) malam.

Ini sejalan dengan data Posko Angkutan Lebaran 2019 Sultan Hasanuddin International Aiport Makassar (SHIAM) (29/5/2019) sampai (13/6/2019).

Data trafik manajemen AP1 SHIAM selama periode Lebaran memperlihatkan, pergerakan pesawat periode yang sama tahun lalu 5.199  pesawat sedangkan tahun ini hanya 4.138 pesawat.

Artinya ada penurunan sebesar  20,4 persen.

Padahal angka tersebut sudah termasuk 10 penerbangan ekstra dari Lion Air dengan rute Makassar-Yogyakarta.

Konsumsi Elpigi Naik

Secara umum, sepanjang periode Satgas lalu, Hatim mengatakan, pihaknya tidak mengalami kendala cukup berarti baik dari stok maupun distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG.

Pihaknya juga menyiagakan layanan BBM di sepanjang jalur mudik sepanjang jalur lintas Pulau Sulawesi.

"Kita optimalkan layanan SPBU Reguler sebanyak 435 unit, dan mobile dispenser sebanyak 1 unit," tambahnya.

Selain layanan BBM, Pertamina juga mencatat adanya kenaikan untuk penyaluran LPG selama masa Satgas Rafi ang naik sebesar 9,2 persen untuk LPG Bersubsidi (Tabung 3 Kg).

Bahkan, khusus untuk LPG Non-subsidi yakni bright gas varian 5,5 kg dan 12 Kg mengalami peningkatan hingga mencapai 14,8 perse  untuk LPG dibandingkan rata-rata kondisi normal. 

Meskipun terjadi peningkatan, namun Hatim memastikan bahwa stok LPG masih berada dalam kondisi aman. "Kondisi stok aman juga berlaku untuk BBM dan LPG," ujarnya.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga pelayanan energi pada masa Ramadan dan Idulfitri berjalan lancar.

"Kami berterimakasih pada konsumen yang telah memilih produk-produk berkualitas Pertamina,” katanya.(tribun-timur.com)

Laporan Wartawan Tribun-Timur.com, @fadhlymuhammad
 

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Subscribe YouTube Tribun Timur

Jangan Lupa Follow IG @tribuntimurdotcom

Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved