Volvo Bus B11R Double Dekker Resmi Beroperasi di Makassar-Toraja

Bus premium Volvo yang berasal dari Swedia ini baru kali pertama hadir di Sulawesi setelah resmi diluncurkan di ajang Busword Jakarta, (20-22/3/2019)

Volvo Bus B11R Double Dekker Resmi Beroperasi di Makassar-Toraja
sukma/tribuntimur.com
Satu unit Volvo Bus B11R Double Dekker (DD) 430 Horse Power (HP) milik PO Borlindo resmi mendarat di Makassar, Rabu (19/6/2019). 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Satu unit Volvo Bus B11R Double Dekker (DD) 430 Horse Power (HP) resmi mendarat di Makassar.

Bus premium Volvo yang berasal dari Swedia ini baru kali pertama hadir di Sulawesi setelah resmi diluncurkan di ajang Busword Jakarta, (20-22/3/2019) lalu.

Mendaratnya Volvo Bus B11R Double Dekker ditandai dengan penyerahan secara seremonial oleh Country Director Volvo Bus Indonesia Himawan Kunto D A dan Chief Operation Officer PT Indotruck Utama (Distributor Tunggal Volvo) Eka Loyan, kepada Owner Perusahaan Otobus (PO) Borlindo Royi Sumule di Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (19/6/2019).

Pantauan Tribun Timur, PO Volvo Bus B11R Double Dekker 430 HP ini akan dioperasikan di trayek Makassar-Toraja Pulang Pergi (PP).

TRIBUNWIKI: Video Zimzalabim Rilis, Kang Seulgi Jadi Trending Twitter, Ini Profilnya

Pemuda Manggarai Ini Meninggal Setelah Dikroyok di Rumah Kontrakan


Informasi tersebut tertera di kaca depan bus bertuliskan Volvo Toraja. Hal ini dibenarkan sang pemilik Royi Sumule.

"Akan mulai beroperasi hari ini, Makassar-Toraja PP dengan harapan penumpang lebih aman dan nyaman dengan fasilitas, fitur dan jaminan keamanan dari Volvo," katanya pada Tribun Timur.

Lebih lanjut, untuk memiliki Volvo Bus B11R Double Dekker ini ia melawati banyak tantangan namun diharapkan hal ini menjadi penanda bahwa kerja sama dengan PT Indotruck Utama tidak gampang diputuskan.
Satu unit Volvo Bus B11R Double Dekker (DD) 430 Horse P
Prosesi peluncuran satu unit Volvo Bus B11R Double Dekker (DD) 430 Horse Power (HP) milik PO Borlindo resmi mendarat di Makassar, Rabu (19/6/2019).


Dibanderol Rp 3,1 Milyar per unit, Borlindo membeli dua sekaligus hanya saja satu unitnya belum ready. 

Hingga kini total bus Borlindo dengan trayek Makassar Sorowako, Malili, Palopo, Toraja dan lainnya 14 unit.

"Kalau satu unit Volvo B11R sudah ready, total bus kami 15. Harapannya yah semoga ke depannya PO Borlindo di bawah naungan PT Borlindo Mandiri Jaya dapat memudahkan masyarakat dalam wilayah transportasi antar daerah di Sulawesi," tuturnya. 

240 Mahasiswa PK Unhas Angkatan 58 KKN di Takalar

 FOTO: Stok di PMI Menipis, Kodam Hasanuddin Aksi Donor Darah


Sementara, Himawan Kunto mengucapkan selamat kepada PO Borlindo sebagai perusahaan pertama di Sulawesi yang memiliki Bus B11R Double Dekker ini.

"Selamat kepada PO Borlindo, kami sekaligus ingin sampaikan selain Horse Powernya sebesar 430 HP, bus premium kami ini dilengkapi  I-Shift AT2612D dengan 12 kecepatan yang dapat dikontrol secara elektronik. Selain itu, roda di axle ketiga berfungsi sebagai steering di wheel belakang," katanya.

Himawan juga menyampaikan, terdapat beberapa fitur andalan yakni Braking System (ABS), Elektronik Braking System (EBS) yang melengkapi anti lock, Anti Slip Regulation (ASR) dan Electronic Stability Programme (ESP).

Eka Loyan menambahkan, ini berkapastitas 46 orang. 44 Kursi excutive dan dua kursi premier.

"Menariknya bus premium dari Volvo ini bisa dioperasikan secara matik dan manual. Selain itu beberapa perbedaan mencolok dibandingkan bus lainnya. Makanya kami sebelum serah terima bus ini kepada Borlindo terlebih dahulu memberikan training kepada driver yang akan mengoperasikannya," tuturnya. (*)

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved