Transaksi Gadai Naik 14% Selama Ramadan, Paling Banyak Gadai Emas

Selain itu bertepatan pula dengan tahun ajaran baru, sehingga masyarakat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya.

Transaksi Gadai Naik 14% Selama Ramadan, Paling Banyak Gadai Emas
sanovra/tribuntimur.com
Senior Vice President CEO Region of Makassar, Alim Sutiono bersama sejumlah pejabat Pegadaian menerima kunjungan Manajemen Tribun Timur yang berlangsung di Kantor Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar, Jl Pelita Raya, Makassar, Rabu (196). Kunjungan yang dipimpin oleh Wakil Pimpinan Redaksi Ronald Ngantung ini merupakan silaturahmi yang sekaligus membahas sinergitas dan hubungan kerjasama antar kedua instansi. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Sukmawati Ibrahim

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - PT Pegadaian (Persero) Kanwil VI Makassar mencatat peningkatan transaksi gadai emas selama Ramadan dan Idulfitri 1440 H.

Hal itu diungkapkan Senior Vice President CEO Region of Makassar, Alim Sutiono disela kunjungan manajemen Tribun Timur di Kantor Pegadaian Kanwil VI, Jl Pelita Raya, Makassar, Rabu (19/6/2019).

"Terjadi peningkatan transaksi gadai periode Ramadan dan lebaran. Karena tak dipungkiri jika kebutuhan uang tunai masyarakat meningkat pada momen tersebut," katanya.

Baca: LinkAja Boleh Jalankan Bisnis Pinjaman Online, OJK Beri Syarat

Baca: Lagi, 7 Fintech Lending Kantongi Izin OJK, Kini Sudah Capai 113 Perusahaan. Berikut Daftarnya

Baca: 40 Debitur BNI Akad Massal di Mamuju Tengah

Selain itu bertepatan pula dengan tahun ajaran baru, sehingga masyarakat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya.

Dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, Ramadan dan Lebaran tahun ini terjadi peningkatan Outstanding Loan (OSL) sebesar 14,1 persen.

"Transaksi masih didominasi oleh produk gadai. Dimana dari penyaluran kredit sebesar Rp 1,38 triliun pada Mei 2019, 90 persennya adalah transaksi gadai," ungkapnya.

Menurutnya transaksi gadai tersebut didominasi emas sebesar 95 persen, selebihnya kendaraan dan elektronik.

Baca: Electronic City Bagi-bagi THR, Begini Cara Dapatnya

Baca: FKS Land Segera Luncurkan Cluster Alamanda, Harga Rumah Mulai Rp 500 Juta

Selain gadai emas, tercatat pula peningkatan transaksi pada penyaluran pembiayaan Amanah Pegadaian.

"Peningkatan tersebut dikarenakan besarnya minat masyarakat untuk memiliki kendaraan baru pada saat lebaran," ungkapnya.

Program Hadiah Langsung

Peningkatan transaksi Amanah Pegadaian tak terlepas dari adanya program spesial berupa cashback hingga Rp 2 juta. Cashback diberikan bagi nasabah yang membeli kendaraan saat Ramadan.

Alim Sutiono menambahkan, program terbaru pascalebaran Pegadaian memberikan hadiah langsung nasabah gadai yang bertransaksi hingga 15 Juli mendatang.

"Pegadaian juga menyediakan pinjaman bagi nasabah mikro dengan plafon hingga Rp 400 juta per nasabah. Jaminan berupa sertifikat tanah ataupun BPKB kendaraan bermotor," tuturnya.(*)

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Hasriyani Latif
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved