Soal Dispensasi Nikah, Begini Kata Humas Pengadilan Agama Maros

Jumlah pasangan yang mengajukan dispensasi pernikahan di Pengadilan Agama Maros terbilang menurun

Soal Dispensasi Nikah, Begini Kata Humas Pengadilan Agama Maros
Amiruddin/Tribun Timur
Humas Pengadilan Agama Maros, Muh Arief Ridha SH MH. 

TRIBUN-MAROS.COM, TURIKALE - Humas Pengadilan Agama (PA) Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh Arief Ridha, mengatakan jumlah pasangan yang mengajukan dispensasi pernikahan di kantornya, terbilang menurun.

Meski tak menyebut jumlah pasangan yang mengajukan dispensasi, Arief Ridha menyebut jumlahnya menurun dibanding tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Arief, saat ditemui tribun-maros.com, di kantornya, Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Turikale, Maros.

Baca: Tandang ke Vietnam, Gadis Cantik Asal Maros Ini Prediksi PSM Menang 2-1

Baca: Cerai Gugat Dominasi, Humas Pengadilan Agama Maros: Wanita Butuh Kepastian

Baca: Enam Bulan, 276 Janda Baru di Maros

"Sudah turun, saya bahkan belum dapat di majelis saya pasangan yang mengajukan dispensasi pernikahan," kata Arief Ridha, Rabu (19/6/2019).

Dispensasi pernikahan diketahui, merupakan permohonan yang diajukan oleh calon suami atau istri kepada PA, yang belum memenuhi batas usia minimal melangsungkan pernikahan.

Batas usia minimal melangsungkan pernikahan, menurut UU No 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, yakni 16 tahun untuk perempuan, dan 19 tahun bagi laki-laki.

Arief Ridha menambahkan, pemberian dispensasi pernikahan rerata diberikan oleh PA, karena adanya keadaan darurat yang terjadi di luar pengadilan.

Misalnya, kata Arief, hamil di luar nikah, kedapatan berduaan di luar rumah, dan faktor darurat lainnya, yang menjadi dasar pertimbangan hakim.

"Permohonan dispensasi, menurut saya itu tidak ada yang murni karena dispensasi. Pasti semua mengandung unsur darurat, sehingga mereka mengajukan dispensasi," ujarnya.

Pria yang juga Hakim PA Maros itu, juga menyoroti seringnya PA dikritik, saat memberikan dispensasi pernikahan.

Halaman
12
Penulis: Amiruddin
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved