Didakwa Bersalah, Begini Reaksi Mantan Panglima Laskar Jihad

Sidang digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (19/06/2019) dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung.

Didakwa Bersalah, Begini Reaksi Mantan Panglima Laskar Jihad
hasan/tribun-timur.com
Mantan Panglima Laskar Jihad Indonesia, Jafar Umar Thalib dan keenam anggotanya menjalani sidang perdana kasus dugaan pengrusakan rumah di penduduk di Koya, Kota Jayapura di Pengadilan Makassar 
TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Mantan Panglima Laskar Jihad Indonesia, Jafar Umar Thalib dan keenam anggotanya telah menjalani sidang perdana kasus dugaan pengrusakan rumah  di penduduk di Koya, Kota Jayapura.
Sidang digelar di Pengadilan Negeri Makassar, Rabu (19/06/2019) dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung.

Selanjutnya akan digelar dengan agenda pemeriksaan saksi setelah terdakwa dinyatakan tidak mengajukan eksepsi atau pembelaan atas dakwaan tersebut.

Wali Kota Surabaya Kunjungi Palu, Ini yang Akan Dibangun

None Diperiksa Polisi Terkait Kasus Dugaan Korupsi Kapal SMK


"Sidang akan dilanjutkan dengan pemeriksaan saksi. Jumlah saksi kita optimalkan semaksimal mungkin," kata JPU Muhammad Iryan.

Dari keterangan saksi, JPU akan membuktikan perbuatan terdakwa di hadapan hakim sebagaimana dalam dakwaan yang dibacakan.

Meskipun dari tujuh terdakwa tersebut tidak semuanya membawa senjata tajam, tetapi itu tetap bakal dibuktikan dalam persidangan.
Dakwaan pertama dijerat  pasal 2 ayat (1) UU Darurat RI nomor 12 Tahun 1951 tentang senjata api, amunisi, bahan peledak, senjata pemukul, senjata penikam, senjata penusuk.

Dakwaan kedua yakni pasal 170 ayat (1)KUHP.
"Terdakwa diancam pasal darurat dan pasal 170. Untuk pasal darurat sekitar 10 tahun ancaman pidananya.. Pasal 170 ancaman pidananya di atas 5 tahun penjara," kata  Muhammad Iryan.

Adapun keenam terdakwa lain adalah AJU (20), S alias AY (42), AR (43), IJ (29), MM alias Z (31), dan AR alias A (20). (*)
 

Langganan Berita Pilihan 
tribun-timur.com di Whatsapp
Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Hasan Basri
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved