Citizen Reporter

Mahasiswa Unhas Ciptakan Inovasi Dispenser Kumur, Diklaim Bisa Deteksi Suara Muntah Ibu Hamil

Tiga mahasiswa Unhas berkolaborasi menciptakan suatu inovasi alat berupa dispenser kumur yang dapat mendeteksi suara muntah.

Mahasiswa Unhas Ciptakan Inovasi Dispenser Kumur, Diklaim Bisa Deteksi Suara Muntah Ibu Hamil
Tim mahasiswa Unhas
Tiga mahasiswa Unhas berkolaborasi menciptakan suatu inovasi alat berupa dispenser kumur yang dapat mendeteksi suara muntah. 

Citizen Reporter, Alya Hilda Saifuddin mahasiswa Unhas

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), tiga mahasiswa Unhas berkolaborasi menciptakan suatu inovasi alat berupa dispenser kumur yang dapat mendeteksi suara Muntah.

Di bawah bimbingan drg Nursyamsi, M.Kes, mereka tergabung dalam tim PKM-Karsa Cipta dengan Andi Ainul Qalbi Mutmainna Ishak dan Alya Hilda Saifuddin dari Fakultas Kedokteran Gigi serta Muhammad Kahrul Sikande dari Fakultas Teknik.

Ide ini muncul dikarenakan tingginya angka kejadian karies pada ibu hamil terutama yang dipicu oleh perubahan kondisi psikologis dan fisiologispada masa kehamilan, yakni mual dan muntah. 

Pada trimester pertama kehamilan, mual dan muntah menjadi hal yang sering dijumpai pada wanita hamil. Kejadian ini sering timbul di pagi hari sehingga disebut sebagai morning sickness.

Mual dan muntah ini dapat menyebabkan kondisi asam pada rongga mulut, sehinga bakteri dapat dengan mudah tumbuh dan merusak struktur gigi.

Hal ini menyebabkan ibu hamil dikategorikan sebagai kelompok yang rentan mengalami kerusakan gigi yang dalam dunia kedokteran gigi disebut sebagai karies.

Dalam upaya mencegah terjadinya karies pada masa kehamilan akibat morning sickness, maka ibu hamil disarankan untuk berkumur denganlarutan sodium bikarbonat (baking soda) setelah muntah dan menyikat gigi 1 jam setelahnya menggunakan pasta gigi.

Namun, tidak semua ibu hamil mampu mengingat instruksi ini setelah muntah. 

Maka dari itu, tim ini berinisiatif untuk menciptakan suatu alat yang kemudian dinamaiDUBSMASH (Dispenser Kumur Sodium Bikarbonat Pencegah Karies dalam Upaya Penanganan Morning Sickness Ibu Hamil).

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved