Citizen Reporter

Mahasiswa Unhas Temukan Handpiece Kendali Suara

Tiga Mahasiswa Universitas Hasanuddin berkolaborasi untuk membuat prototype handpiece dengan sistem kendali suara dalam bidang kedokteran gigi.

Mahasiswa Unhas Temukan Handpiece Kendali Suara
Tim mahasiswa Unhas
Tim mahasiswa Unhas berkolaborasi membuat prototype handpiece dengan sistem kendali suara dalam bidang kedokteran gigi di laboratorium FKG Unhas. 

Citizen reporter Nurul Auliya Mahasiwa FKG Unhas

Tiga Mahasiswa Universitas Hasanuddin berkolaborasi untuk membuat prototype handpiece dengan sistem kendali suara dalam bidang kedokteran gigi.

Ketua tim, Nurul Auliya dari Fakultas Kedokteran Gigi Unhas; Andi Nadwa Tenri Sapada dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Muhammad Nasarudin dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik elektro sebagai anggota tim.

Tim kolaborasi ini dibimbingan oleh drg. Adam Malik Hamudeng, M.MedEd.

Ketiga mahasiswa tersebut akan menciptakan sebuah handpiece yang dapat dikendalikan melalui sistem perintah suara sehingga menghasilkan kerja handpiece yang lebih mudah dan tidak menimbulkan kebisingan seperti handpiece biasanya.

Olehnya itu, alat ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja dokter gigi karena dapat mengurangi trauma psikis pada pasien akibat suara yang ditimbulkan.

Pembuatan prototype ini dengan judul “Smart-handpiece: Pengendalian Instrumen Putar Kedokteran Gigi Menggunakan Sistem Perintah Suara” merupakan salah satu program Pekan Kreativitas Mahasiswa yang dibiayai oleh dana hibah dari Dikti.

Selaku ketua tim, Nurul Auliya sangat berharap agar temuannya ini bisa mendapat apresiasi dan prestasi.

"Semoga dengan temuan kami ini, bisa lolos mengikuti seleksi di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang pada tahun ini akan dilaksanakan di Universitas Udayana, Bali" ujarnya penuh harap.

Lebih lanjut, Nurul Auliya mengenalkan temuannya ini. "Ide awal pembuatan handpiece ini, berawal dari pengalaman kami dalam menggunakan handpiece biasa pada saat melakukan clinical skill laboratorium di Laboratorium Konservasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved