Citizen Reporter

650 Peserta KKN Profesi Kesehatan Unhas Ikuti Pembekalan

650 mahasiswa peserta KKN Profesi Kesehatan Unhas mengikuti pembekalan selama 2 hari sebelum menuju lokasi KKN di Unhas

650 Peserta KKN Profesi Kesehatan Unhas Ikuti Pembekalan
Dok Aminullah
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Sallang SKM MKes memberikan pembekalan kepada mahasiswa KKN Profesi Kesehatan di LT.5 FK Unhas (15/6/2019) 

Citizen reporter, Aminullah Satgas Pelaksana KKNPK Unhas Angk. ke-58

Sebanyak 650 mahasiswa peserta KKN Profesi Kesehatan Unhas mengikuti pembekalan selama 2 hari sebelum menuju lokasi KKN di Unhas, (14-15/6/2019).

Sebagaimana diketahui, program KKN Profesi Kesehatan Unhas angkatan ke-58 tahun 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya.

KKN PK tahun ini merupakan KKN tematik Pengendalian Tuberkulosis Berbasis Komunitas dengan Pendekatan IPE (Inter Professional Education) akan diselenggarakan di 3 kabupaten berbeda meliputi Soppeng, Takalar dan Tana Toraja.

Pemilihan ketiga kabupaten ini merupakan perwakilan etnik terbesar yaitu Toraja, Bugis dan Makassar sebagai langkah awal dalam pengendalian TB sekaligus mewakili tiga wilayah geografis pegunungan, dataran rendah dan pesisir.

Di samping itu, kabupaten yang dipilih tergolong kasus TB-nya cukup tinggi.

Pembekalan hari ke-2 ini dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Unhas. Pihak pemerintah memberikan materi profil dan masalah kesehatan di kabupaten.

Materi dari pemda diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten meliputi Dr Ir Yunus Sirante MSi (Kepala Bappeda, Tana Toraja) di Auditorium Prof. A. Amiruddin; Hj Dr Nilal Fauziah MKes (Takalar) di ruang pertemuan lantai 3 FK dan Sallang SKM MKes (Soppeng) di LT.5 FK.

Gambaran kondisi kesehatan ini akan memberikan informasi awal dalam mengidentifikasi permasalahan kesehatan, sehingga mahasiswa nantinya bisa cepat menyesuaikan dalam melakukan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam pengendalian tuberkulosis.

Dr Joko Hendarto PhD selaku salah satu Satgas KKN profesi Unhas memberikan apresiasi dengan adanya pengenalan lokasi lebih awal kepada peserta KKN.

Halaman
123
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved