Daftar Sosok Perencana dan Eksekutor Upaya Pembunuhan Tokoh Nasional, dari Jenderal hingga Politikus

Daftar sosok perencana dan eksekutor upaya pembunuhan tokoh nasional, dari jenderal hingga politikus. Kepolisian mengklaim bahwa Mayor Jenderal TNI

Daftar Sosok Perencana dan Eksekutor Upaya Pembunuhan Tokoh Nasional, dari Jenderal hingga Politikus
HO/TRIBUNNEWS.COM
Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Jenderal (Purn) Wiranto, Jenderal (Purn) Budi Gunawan, dan Komjen (Purn) Gories Mere. Mereka adalah 4 tokoh yang akan dibunuh oleh kelompok yang beraksi dengab memanfaatkan momen Pilpres 2019. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Daftar sosok perencana dan eksekutor upaya pembunuhan tokoh nasional, dari jenderal hingga politikus.

Kepolisian mengklaim bahwa Mayor Jenderal TNI (Purn) Kivlan Zen berperan mencari eksekutor, memberi uang kepada eksekutor, dan menentukan target operasi dalam rencana pembunuhan terhadap empat tokoh nasional dan seorang pemimpin lembaga survei.

Kelima orang itu meliputi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jenderal (Purn) Wiranto; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan; Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan, Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen dan Keamanan, Komjen (Purn) Gories Mere; serta pimpinan lembaga survey Charta Politika, Yunarto Wijaya.

Polisi juga menuding ada sosok lain yang terlibat dalam rencana pemufakatan pembunuhan ini, yaitu HM.

Dikatakan polisi, HM berperan sebagai pemberi dana pembelian senjata api ilegal dan operasional pembunuhan.

Kivlan Zen dan HM, menurut polisi, melanggar Pasal 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan memiliki, menguasai, menyimpan senjata api ilegal tanpa hak, tanpa izin, dan dapat terancam hukuman pidana seumur hidup.

Selain kedua orang itu, ada enam orang lain yang ditetapkan polisi sebagai tersangka terkait usaha pembunuhan tersebut.

Siapa saja mereka?

Kivlan Zen (KZ)

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Ade Ary Syam Indradi, mengatakan peran Kivlan Zen alias KZ terbongkar setelah memeriksa enam tersangka yang ditangkap pada akhir Mei lalu.

Halaman
1234
Editor: Edi Sumardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved