DPRD Luwu Utara Godok Perda Penyidik PNS, Ini Fungsinya

Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) PPNS dalam rapat paripurna.

DPRD Luwu Utara Godok Perda Penyidik PNS, Ini Fungsinya
chalik mawardi / tribun timur
Suasana rapat paripurna di Sekretariat DPRD Luwu Utara, Jl Simpurusiang 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Pemerintah bersama DPRD Kabupaten Luwu Utara, tengah menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

Wakil Bupati Luwu Utara, Muhammad Thahar Rum, menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) PPNS dalam rapat paripurna yang digelar di Sekretariat DPRD Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Kamis (13/6/2019).

Akankah Jokowi & Prabowo Bertemu di Sidang Sengketa Pilpres Besok? Simak Alur Persidangan di MK

Bocor Daftar Tamu Undangan Pernikahan Ramos, Tak Ada Nama Ronaldo Justru Rivalanya di Barcelona

Thahar Rum mengatakan, diperlukan pedoman guna tertibnya administrasi pembinaan, dan pengawasan PPNS dalam melakukan penyidikan, terhadap pelanggaran perda.

"Sebagai pedoman penyidikan terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan, yang dilaksanakan oleh PPNS pemerintah daerah, dalam penyelenggaraan urusan pemerintah daerah dan pemberdayaan PPNS," katanya.

Dengan tujuan terwujudnya pemerintahan yang baik, dengan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan efektif dan efisien, melalui pelaksanaan penyidikan, yang sinergi dan profesional.

"Guna menjamin proses penegakan hukum, atas peraturan perundang-undangan di daerah," kata Thahar.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2019 tentang PPNS dilingkungan pemerinrah daerah, PPNS mempunyai beberapa kewenagan.

Beberapa kewenangan PPNS yaitu, menerima laporan atau pengaduan dari seseorang tentang adanya tindak pidana, melakukan tindakan pertama pada saat ditempat kejadian, menyuruh berhenti seorang tersangka dan memeriksa tanda pengenal dari tersangka, melakukan penggeledahan dan penyitaan.

Akankah Jokowi & Prabowo Bertemu di Sidang Sengketa Pilpres Besok? Simak Alur Persidangan di MK
Akankah Jokowi & Prabowo Bertemu di Sidang Sengketa Pilpres Besok? Simak Alur Persidangan di MK (KOMPAS.COM/Sandro Gatra)

Kewenangan lainnya yaitu, melakukan pemeriksaan dan penyitaan surat, mengambil sidik jari dan memotret sesorang, memanggil orang untuk didengar dan diperiksa sebagai tersangka atau saksi, mendatangkan orang lain yang diperlukan dalam hubungannya dengan pemeriksaan perkara, mengadakan penghentian penyidikan, dan mengadakan tindakan lain menurut hukum yang bertanggung jawab.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Langganan Berita Pilihan tribun-timur.comdi Whatsapp Via Tautan Ini http://bit.ly/watribuntimur

Dapatkan news video terbaru di kanal YouTube Tribun Timur:

Follow juga akun Instagram tribun-timur.com:

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved