6.440 Peserta BPJS Ketenagakerjaan Non PNS di Luwu Utara

Sebanyak 6.440 tenaga kerja di Kabupaten Luwu Utara terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

6.440 Peserta BPJS Ketenagakerjaan Non PNS di Luwu Utara
chalik/tribunlutra.com
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palopo Hendrayanto (kiri) menemui Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di Kantor Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Kamis (13/6/2019). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Sebanyak 6.440 tenaga kerja di Kabupaten Luwu Utara terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palopo Hendrayanto ketika menemui Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani,

Pertemuan berlangsung di Kantor Bupati Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Kamis (13/6/2019).

TRIBUNWIKI: Jabat Kasubag Tata Usaha BPN Palopo, Ini Profil Aksara Alif Raja

VIDEO: Suasana Pelantikan 45 Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemkab Takalar

"Perkembangan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Luwu Utara dimana sebanyak 6.440 non PNS (Pegawai Negeri Sipil) telah terdaftar sebegai peserta," katanya.

Meski demikian, masih banyak tenaga kerja yang belum terdaftar sebagai peserta karena belum memahami manfaat program ini.

"Untuk itu kami terus berupayah melakukan sosialisasi secara masif ke seluruh masyarakat pekerja yang ada di wilayah Luwu Utara," katanya.

BPJS Ketenagakerjaan mempunyai empat program, masing-masing Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

JKK memberikan manfaat layanan antara lain biaya transportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit, pengobatan di PLKK sampai dengan sembuh.

Juga santunan sementara tidak mampu bekerja, santunan cacat hingga 56 kali gaji terlapor.

Santunan kematian akibat kecelakaan kerja hingga 48 kali gaji terlapor, dan beasiswa bagi satu orang anak dari peserta yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja.

Halaman
12
Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved