PKM-M Unhas Ajak Murid SD 19 Limboro Majene Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Program ini dibentuk untuk meningkatkan kesadaran kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat, khususnya murid SDN No 19 Limboro.

PKM-M Unhas Ajak Murid SD 19 Limboro Majene Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Tim PKM-M Unhas
Tim PKM-M Unhas melakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut terhadap murid SDN No 19 Limboro, Majene 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Minimnya informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut di Desa Limboro, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene menjadi alasan utama Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan pengabdian.

Tim PKM-M yang terdiri dari lima Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unhas, antara lain Akbar, Nurul Hasrul, Viky Indra Mahendra, Alya Khaerunnisa Indrawan Day dan Wulan Fury Lenggany sepakat membuat program Senyum Sehat dalam Tiga Dimensi (Sendana).

Program ini dibentuk untuk meningkatkan kesadaran kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat, khususnya murid SDN No 19 Limboro.

Demikian disampaikan Ketua Tim PKM-M Unhas, Akbar kepada Wartawan Tribun Timur, Rabu (12/6/2019).

"Kami merancang program Sendana melalui media pop-up atau buku tiga dimensi. Program ini penuh dengan cerita dan ilustrasi menarik mengenai kesehatan gigi dan mulut yang dapat memikat perhatian serta minat anak sekolah dasar untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut," katanya.

Lebih lanjut, Akbar menuturkan, program ini juga diiringi dengan games untuk meningkatkan antusiasme dan mengguggah ingatan anak akan cerita dalam buku pop-up.

"Tim juga melaksanakan senam gigi sehat yang berisi gerakan dan lagu sederhana mengenai cara menyikat gigi dan menjaga kesehatan gigi. Setelah melakukan senam, dilakukan sikat gigi bersama untuk mempraktikan langsung pada anak-anak cara menyikat gigi yang baik dan benar," jelasnya.

"Agar program ini tetap berlanjut ke depannya, tim akan memberikan buku pop-up kepada pihak sekolah sebagai inventaris sekolah dan memilih salah satu yang terbaik dari siswa SDN No 19 Limboro sebagai duta Sendana yang diharapkan dapat menjadi contoh dan motivasi bagi anak-anak lainnya," lanjutnya.

Tak hanya itu, tim juga akan menjaga komunikasi dengan kepala sekolah dan guru untuk senantiasa memantau perkembangan dari anak-anak SDN No 19 Limboro ke depannya.

Sementara Kepala Sekolah SDN No 19 Limboro, Saeni, mengatakan program ini bermanfaat karena selama ini belum pernah ada penyuluhan terkait kesehatan gigi dan mulut.

"Mungkin sekolah kami sangat terpencil dan susah diakses sehingga tidak pernah ada penyuluhan," katanya.

Tim PKM yang berada di bawah pendampingan dosen FKG Unhas, Dr drg Asmawati Amin MKes telah berjalan di pekan ketiga bulan Juni 2019. (uma)

Laporan Wartawan Tribun Timur @umhaconcit

Penulis: Sukmawati Ibrahim
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved