Ini Jadwal PPDB 2019 SD dan SMP di Makassar

Disdik Makassar telah menjadwalkan waktu PPDB yakni 24-30 Juni, untuk tiga jalur penerimaan yakni jalur zonas

Ini Jadwal PPDB 2019 SD dan SMP di Makassar
fahrisal/tribuntimur.com
Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abd Rahman Bando. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar terus mempersiapkan diri untuk menghadapi masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019) untuk tingkat SD dan SMP.

Disdik Makassar telah menjadwalkan waktu PPDB yakni 24-30 Juni, untuk tiga jalur penerimaan yakni jalur zonasi, prestasi, dan pindahan domisili orangtua.

"Untuk pendaftaran jalur prestasi dan perpindahan domisili selama tiga hari yakni 24-26 Juni, sementara untuk jalur zonasi pada tanggal 27-30 Juni," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Abd Rahman Bando, Selasa (11/6/2019).

Terkait persayaratan, Rahman menjelaskan, untuk SD panitia meminta calon siswa untuk membawa akte kelahiran dan kartu keluarga, dan mereka yang melalui jenjang pendidikan taman kanak-kanak (TK), bisa membawa sertifikat kelulusan dari TK masing-masing.

"Untuk SMP, kita minta kartu keluarga, dan keterangan lulus dari SD, termasuk SKHU atau nilai ujian nasional," jelasnya.

Menurut Abd Rahman, untuk pendaftaran awal, orangtua dan calon siswa dapat hanya membawa fotocopy dokumen saja, namun jika nanti telah dinyatakan lulus, wajib membawa kartu keluarga asli saat pendaftaran ulang.

"Kalau pendaftaran boleh foto copy, tapi nanti ada pernyataan yang ditandatangani bahwa data itu adalah sesuai aslinya. Nanti kalau lulus baru bawa dokumen aslinya," terangnya.

Rahman memastikan, siswa yang lulus PPDB namun data dirinya berbeda dengan dokumen asli, dapat digugurkan kelulusannya.

"Kalau ada data yang berbeda antara data siswa yang dikumpul dengan dokumen aslinya atau tidak seauai kenyataan, maka mereka bersedia digugurkan, dan itu sudah tertera di surat pernyataan yang ditandatangani orangtua," tegasnya. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved