Di Hadapan 74 CPNS Baru, Bupati Luwu Utara: Ada Tipe 'PNS Haram'

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Hariyati Suting, mengatakan, 74 CPNS didominasi guru.

Di Hadapan 74 CPNS Baru, Bupati Luwu Utara: Ada Tipe 'PNS Haram'
chalik/tribunlutra.com
CPNS Pemkab Luwu Utara pembekalan sebelum mengikuti pelatihan dasar di Aula Dinas Pendidikan Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Selasa (11/6/2019). 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Sebanyak 74 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten Luwu Utara akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) pada 17 Juni 2019 di Balai Diklat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Selatan.

Sebelum mengikuti Latsar, para CPNS mendapat pembekalan di Aula Dinas Pendidikan Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Bone Tua, Kecamatan Masamba, Selasa (11/6/2019).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Hariyati Suting, mengatakan, 74 CPNS didominasi guru.

"45 CPNS adalah guru, 4 tenaga kesehatan, 5 dokter, 5 tenaga teknis lainnya, 5 penyuluh pertanian, 2 medis veteriner, 5 perawat, dan 5 pekerja sosial kemasyarakatan," ujar Hariyati.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani yang hadir membekali CPNS menyebutkan ada empat tipe PNS.

"Empat tipe yang saya sampaikan menurut Deputi Reformasi Birokrasi KemenPAN-RB di beberapa kali pertemuan. Beliau mengkategorikan ada PNS wajib, PNS sunnah, PNS makruh, dan PNS haram," kata Indah.

PNS wajib, lanjut Indah, kalau tidak ada dicari, seperti ada yang kurang, kalau ada semua pasti beres.

"Kata orang tua dulu ada menggenapkan, tidak ada pasti mengurangi," katanya.

"Sementara PNS sunnah kalau ada alhamdulillah, kalau tidak ada ya tidak apa-apa, adapun PNS makruh kalau tidak ada alhamdulillah, dan yang terakhir adalah PNS haram ini ada dan tidak adanya pasti jadi masalah," tuturnya.

Menurut Indah, di dalam organisasi tidak banyak tipe PNS wajib.

"Tapi kalau ada sekitar 10-20 persen, organisasi sudah bisa dipastikan akan berjalan dan saya berharap kita semua di sini menjadi bagian dari PNS yang wajib. Saya juga menitip pada kita mari menjaga etika. Banyak orang yang biasa-biasa saja tapi karena beretika dan disiplin dalam menjalankan tugas maka dia menjadi kesayangan," katanya.

Indah juga berharap CPNS bekerja dan berkinerja.

"Mari bertaqwa, tawaduh, rendah hati, tidak sombong, lisan kita jangan sampai menyakiti sesama," katanya.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved