Petugas Dinas Catatan Sipil Gowa Rekam e-KTP Hingga ke Rumah Warga, Ini Tujuannya

Kadisdukcapil Gowa Ambo mengatakan, pelayanan tersebut diberikan kepada warga yang berkebutuhan khusus atau difabel, warga yang sakit.

Petugas Dinas Catatan Sipil Gowa Rekam e-KTP Hingga ke Rumah Warga, Ini Tujuannya
Catatan Sipil Kabupaten Gowa, Ambo
Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa, Ambo. 

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gowa membuka pelayanan khusus perekaman secara langsung ke lokasi tempat tinggal warga.

Kadisdukcapil Gowa Ambo mengatakan, pelayanan tersebut diberikan kepada warga yang berkebutuhan khusus atau difabel, warga yang sakit atau karena sudah sangat tua (lansia).

Pilkades Serentak Tahap III Bone, Ini Pemenang di 5 Desa

Profil Lengkap Habil Marati: Eks Manajer Timnas, Politisi PPP, Donatur Rencana Pembunuhan 4 Tokoh

Menurut Ambo, untuk keperluan tersebut, warga hanya harus menghubungi nomor layanan handphone 0812-4290-1532. Nomor itu ditangani langsung Sekretaris Disdukcapil Gowa Pak Edy Sucipto.

"Untuk lansia, difabel, dan sakit. Khusus yang sakit, bukan hanya di rumah, tapi kami juga melayani ke rumah sakit. Begitu menghubungi nomor tersebut, aparat kami bisa langsung mengunjungi yang bersangkutan," kata Ambo, Selasa (11/6/2019).

Langkah ini kata dia, untuk memutus mata rantai jaringan calo yang banyak merugikan masyatakat. Sehingga jika masyarakat mengetahui hal ini, maka kran calo bisa ditutup.

Selain itu dalam Perpres No 96 tahun 2018 yang berisi tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil juga disebutkan bahwa setiap penduduk wajib melaporkan peristiwa kependudukan kepada Disdukcapil.

"Jika berhalangan maka Diadukcapil wajib membantu. Makanya kami hadirkan layanan itu," katanya.

Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa, Ambo.
Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa, Ambo. (Catatan Sipil Kabupaten Gowa, Ambo)

Ambo memaparkan, masyarakat perlu mengetahui bahwa dalam pengurusan dokumen kependudukan baik itu e-KTP, KK, akte lahir, dan dokumen kependudukan lainnya, tanpa pembiayaan alias gratis.

Karena gratis maka diharapkan tidak ada pengurusan perwakilan atau menggunakan jasa calo, harus diurus sendiri oleh warga yang bersangkutan.

Apalagi Pelayanan pada Disdukcapil itu mudah dan cepat. Jika ada indikasi bahwa pelayanan lamban dan berbelit-belit, Ambo menuding itu ulah pihak ketiga (calo) yang merasa pendapatannya hilang karena ruang geraknya dibatasi.

Halaman
12
Penulis: Ari Maryadi
Editor: Syamsul Bahri
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved