Citizen Reporter

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unhas Teliti Pembangkit Listrik dari Bahan Alami

Sejumlah mahasiswa Universitas Hasanuddin membuat sebuah inovasi dengan memanfaatkan bahan alami sebagai sumber energi terbarukan.

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unhas Teliti Pembangkit Listrik dari Bahan Alami
Dok Mahasiswa Unhas
Sejumlah mahasiswa Universitas Hasanuddin membuat sebuah inovasi dengan memanfaatkan bahan alami sebagai sumber energi terbarukan. Mereka adalah ilham tamara k (Fisika), Andi anugrah caezar t (Fisika) dan aisyanang deng ngai (Biologi) mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA) 

Citizen Reporter, Ilham Tamara, mahasiswa Unhas melaporkan dari Makassar 

MAKASSAR - Sejumlah mahasiswa Universitas Hasanuddin membuat sebuah inovasi dengan memanfaatkan bahan alami sebagai sumber energi terbarukan.

Mereka adalah ilham tamara k (Fisika), Andi anugrah caezar t (Fisika) dan aisyanang deng ngai (Biologi) mahasiswa fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA)

"Pada penelitian ini kami ingin mengoptimalkan bahan alam yang ada sebagai sumber energi alternatif dengan cara menggunakan komoditas buah dan biofarmaka yg produksi/ketersediaannya melimpah yaitu daun mangga, kulit pisang dan jahe merah yang akan digunakan sebagai penyerap cahaya pada DSSC (Pembangkit listrik Tenaga Surya),”ujar ilham sebagai ketua tim.

Lebih lanjut ilham menjelaskan DSSC adalah generasi ketiga dari pembangkit listrik tenaga surya.

 DSSC merupakan alternatif pengganti sel surya silikon yang saat ini banyak digunakan dan ditemukan di pasaran. 

Biasanya DSSC menggunakan ruthenium complex (bahan sintesis) sebagai penyerap cahaya.

Namun demikian kelemahan DSSC menggunakan ruthenium complex adalah  jumlahnya sedikit di alam dan tidak ramah lingkungan karena beracun.

Sehingga menjadi pertimbangan untuk diaplikasikan pada DSSC dalam skala besar.

Di lain pihak, pengetahuan tentang fotosintesis telah berkembang pesat dimana material fotosintesis seperti  kloroļ¬l, karotenoid, antosianin, dan flavonoid diketahui merupakan material yang mampu menyerap cahaya secara efektif.

Halaman
12
Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved