Kabupaten Wajo Siaga Banjir, Ini Imbauan Kepala BPBD

Terlebih, curah hujan dari kabupaten tetangga pun juga cukup tinggi, seperti di Kabupaten Sidrap.

Kabupaten Wajo Siaga Banjir, Ini Imbauan Kepala BPBD
St Hamdana/tribunwajo.com
Kepala BPBD Wajo Alamsyah. ? 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Musim penghujan telah tiba di Kabupaten Wajo awal Juni 2019. Sejumlah wilayah pun siaga banjir di Bumi Lamddukelleng.

Terlebih, curah hujan dari kabupaten tetangga pun juga cukup tinggi, seperti di Kabupaten Sidrap.

Mantan Dokter PSM Wakafkan Moge untuk Biaya Program Hapus Tato dan Tutup Tindik

Ini Perwakilan Kerajaan Hadiri Open House Bupati Gowa

Sekitar 39.820 jiwa pun terncam terdampak banjir di Kabupaten Wajo.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah, mengimbau kepada masyarakat, pemerintah, serta pelaku usaha agar tetap waspada.

"Memperhatikan cuaca dan kondisi wilayah Wajo saat ini termasuk kondisi curah hujan di daerah tetangga, maka diimbau kepada seluruh stakeholder baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat itu sendiri, agar waspada dan tetap menjaga keselamatan," katanya, kepada Tribun Timur, Sabtu (8/6/2019) siang.

Selain itu, penting kiranya untuk memelihara dan melestarikan lingkungan, agar dampak-dampak dari curah hujan yang tinggi bisa diminimalisir.

"Tumbuhkanlah budaya sadar bencana diantara kita, dengan demikian maka kita mempersiapkan diri menghadapinya untuk mengurangi risiko bencana," katanya.

"Kepada seluruh instansi terkait dikebencanaan, untuk siap siaga menghadapi ini, baik personil maupun peralatan dan kemampuan lainnya," sambungnya.

Pada pemetaan BPBD Wajo, ada dua wilayah besar yang siaga banjir yaitu, wilayah pesisir Danau Tempe, yang meliputi Kecamatan Tempe, Kecamatan Sabbangparu, Kecamatan Tanasitolo, dan Kecamatan Belawa.

"Wilayah pesisir Danau Tempe akan semakin bertambah kenaikan air sesuai info bahwa daerah tetangga. Saat ini sedang hujan dengan kapasitas yang tinggi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved