Iqbal Suhaeb Minta BKPRMI Bersinergi Kembalikan Fungsi Masjid

Tiga fungsi dasar masjid kata Iqbal yakni fungsi zikir atau ibadah, fungsi pikir, dan fungsi sosial.

Iqbal Suhaeb Minta BKPRMI Bersinergi Kembalikan Fungsi Masjid
Humas Pemkot Makassar
Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb menghadiri halalbihalal pengurus IKA BKPRMI Sulsel, di Baruga Anging Mammiri, Sabtu (8/6/2019) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb meminta kepada jajaran pengurus IKA  Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Sulawesi Selatan, untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot).

Kerjasama itu untuk mengembalikan fungsi masjid.

Ia mengaku prihatin dengan kondisi masjid saat ini yang seolah dikerdilkan.

Menurutnya, setidaknya tiga fungsi dasar masjid haruslah menjadi kekuatan umat untuk terciptanya kondisi masyarakat atau sebuah kota Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghafur (negeri yang subur dan makmur, adil dan aman).

TRIBUNWIKI: Berikut Profil Singkat Istri Mesut Ozil Trending Topic Google

 Toilet di Pelabuhan Pamatata Selayar Gratis, Nyatanya Pemudik disuruh Bayar

“Intinya harus ada upaya untuk mengembalikan fungsi masjid. Fungsi masjid jangan sampai disempitkan, karena itu saya meminta seluruh komponen umat utamanya BKPRMI untuk membantu hal ini,” ucap Iqbal pada halalbihalal pengurus IKA BKPRMI Sulsel, di Baruga Anging Mammiri, Sabtu (8/6/2019).

Tiga fungsi dasar masjid kata Iqbal yakni fungsi zikir atau ibadah, fungsi pikir, dan fungsi sosial.

Fungsi zikir, karena masjid merupakan tempat bertawakkal, melaksanakan ibadah, memperbanyak zikir, mensucikan diri dan hati.

Sehingga tercipta rasa saling mengasihi yang berdampak tidak adanya saling dengki, iri, dan menjauhkan pertikaian antar sesama.

Kedua, fungsi pikir adalah menjadikan masjid tempat berdiskusi memikirkan fenomena atau hal-hal kekinian yang terjadi, bahkan Iqbal berharap kekuatan pikir ini dimulai dari masjid.

"Fungsi sosial diharapkannya masjid selain untuk meningkatkan kesalehan ritual juga menjadi pusat kesalehan sosia. Dari masjid persoalan-persoalan sosial bisa dipecahkan. Sehingga tidak ada lagi kefakiran, mengatasi kemiskinan, anak jalanan, pengemis, serta mengentaskan kebodohan dan penindasan," kata Iqbal.

Halaman
12
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved