Satu-satunya Perempuan yang Lolos di Dapil III Wajo, Ini Kiat Andi Muliana Sam Gaet Suara Rakyat

Adalah caleg Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Muliana Sam (48), yang berhasil mengumpulkan 1.827 suara di tiga kecamatan tersebut.

Satu-satunya Perempuan yang Lolos di Dapil III Wajo, Ini Kiat Andi Muliana Sam Gaet Suara Rakyat
handover
Andi Muliana Sam (baju coklat) dan suaminya, Andi Bau Irwan (baju putih) berfoto bersama Bupati Wajo, Amran Mahmud (jas abu-abu) dan istrinya, Siti Maryam. 

TRIBUN-WAJO.COM, SENGKANG - Khusus  Daerah Pemilihan (Dapil) III Kabupaten Wajo (Belawa-Maniangpajo-Gilireng), cuma satu caleg perempuan yang lolos ke DPRD Wajo.

Adalah caleg Partai Amanat Nasional (PAN), Andi Muliana Sam (48), yang berhasil mengumpulkan 1.827 suara di tiga kecamatan tersebut.

TRIBUNWIKI: Ini Profil dan Perjalanan Karier Jung Eun Ji, Sukses Jadi Penyanyi dan Aktris

H-1 Lebaran, Penumpang di Terminal Makale Meningkat

Lalu, apa tips dari sarjana insinyur pertanian tersebut mendulang suara rakyat? Menurutnya, ada trik dan kiat khusus, serta perencanaan yang matang.

"Saya maju caleg tidak berniat untuk mengalahkan siapa-siapa, kita punya perencanaan yang matang, memetakan calon pemilih, memilah, dan menyasarnya. Tentu kita pelajari mana calon pemilih yang respon dan mana yang tidak merespon," katanya, Selasa (4/6/2019).

Taktik tersebut, menurutnya amatlah tepat dan sangat menghemat sumber daya. Dirinya mengakui, memberi porsi lebih di dua kecamatan, Belawa dan Gilireng.

Diketahui, di Kecamatan Belawa, Andi Muliana Sam berhasil mendulang 778 suara, dan di Kecamatan Gilireng sebanyak 960 suara. Sebanyak 89 suara sisanya berasal dari pemilih di Kecamatan Maniangpajo.

"Ini sangat menghemat sumber daya kita, kita tidak serampangan, dan kita tahu mana pemilih kita. Kita tidak asal-asalan menyasar dan melakukan semua cara agar bisa mendapatkan suara, itu tidak kami lakukan," katanya.

PAN sendiri berhasil mendulang suara terbanyak di Kabupaten Wajo. Dari 6 daerah pemilihan, total PAN meraih suara 31.634 suara dan berhasil meloloskan 7 calegnya, termasuk Andi Muliana Sam.

Menurutnya, apa yang diraih oleh PAN tersebut adalah buah dari kerjasama yang solod antara Ketua Partai, pengurus dan semua calon anggota legislatifnya.

"Ini tidak lepas dari kerja keras ketua partai kami, serta para caleg PAN yang semuanya bekerja keras untuk memenangkan PAN, memang sekarang wattunnana PAN yang menjadi ketua DPRD," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved