Info Mudik 2019

Enam Hari Operasi Ketupat 2019, Polda Sebut Angka Kecelakaan di Sulsel Turun

Operasi Ketupat 2019 yang telah berlangsung enam hari Polda Sulsel bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Enam Hari Operasi Ketupat 2019, Polda Sebut Angka Kecelakaan di Sulsel Turun
Amiruddin/Tribun Timur
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Setidaknya, Operasi Ketupat 2019 yang telah berlangsung enam hari Polda Sulsel bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani mengaku, selama mengamankan mudik lebaran jumlah kecelakaan lalulintas mengalami penurunan sangat signifikan.

Penurunan signifikan yang dimaksud ialah sebesar 68 persen (%) di tahun 2019 atau 17 kasus, sedangkan dibandingkan dengan tahun 2018 jumlah kecelakaanya, ialah 57.

Baca: Penumpang Naik-Turun di Pelabuhan Makassar Tumbuh 30 Persen

Baca: Tabung Gas Meledak di Toddopuli Makassar, Penghuni Rumah Terbakar

Baca: Ombudsman Curiga Ada Praktik Mafia Naiknya Tarif Parkir di Makassar

"Alhamdulillah ditahun ini (2019) kita bisa menekan angka tersebut sampai 68 %," ungkal Kombes Dicky lewat rilis Operasi Ketupat 2019, Selasa (4/6/2019) pagi.

Menurutnya, kurangnya angka kecelakaan lalulintas dalam Operasi Ketupat tahun ini karena, aktifnya para petugas kepolisian dalam lakukan teguran dan penindakan.

Seperti diketahui, pada tahun 2018 jumlah tilang saat Operasi Ketupat sebanyak 359. Dibandingkan jumlah tilang di tahun 2019 adalah berjumlah 716, ada kenaikan 99%.

"Demikian juga ditahun 2018 lalu jumlah teguran sebanyak 465, sedangkan tahun 2019 jumlah tegurannya adalah 1098, ini ada kenaikan 136 %," jelas Kombes Dicky.

Faktor yang mempengaruhi menurunnya angka kecelakaan lalu lintas, tercatat ada ada empat poin penting dalam faktor itu.

Keempat poin itu adalah, kehadiran Pos Pengamanan Polri pada setiap jalur mudik yang dimanfaatkan ke masyarakat untuk istirahat saat mereka melakukan mudik.

Lalu, kesadaran masyarakat yang pulang mudik untukk menggunakan transportasi umum Bus. Kemudian Informasi lalu lintas dan Himbauan dari kepolisian di Medsos.

Dan terakhir, kerjasama dan sinergitas TNI, Polri, Dishub, Damkar, BNPB, Dinas PU, Sat Pol PP dan Jasa Raharja itu memberikan keamanan bagi yanh akan mudik. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul aammß

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

 

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved