Info Mudik 2019

Kapolres Mamuju Ungkap Penumpang KM Laskar Pelangi Balikpapan-Mamuju Over Kapasitas

KM Laskar Pelangi yang sandar di Pelabuhan Feri Mamuju, Sulawesi Barat, mengalami over kapasitas penumpang, Senin (3/6/2019)

Kapolres Mamuju Ungkap Penumpang KM Laskar Pelangi Balikpapan-Mamuju Over Kapasitas
TRIBUN TIMUR/NURHADI
Penumpang di pelabuhan Fery Mamuju saat turun dari KM Laskar Pelangi tujuan Balikpapan-Mamuju. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAMUJU - KM Laskar Pelangi yang sandar di Pelabuhan Feri Mamuju, Sulawesi Barat, mengalami over kapasitas penumpang, Senin (3/6/2019)

KM Laskar Pelangi adalah kapal yang melayani arus mudik tujuan Balikpapan-Mamuju, Mamuju - Balikpapan.

Kapolres Mamuju AKBP Muhammad Rivai Arvan, menyampaikan hal tersebut saat turun langsung memantau arus mudik di pelabuhan yang terletak dijantung ibukota Provinsi Sulbar.

Arvan mengungkapkan, sesuai dengan manifes, data penumpang KM Laskar Pelangi hanya 272 orang. Itu sudah sesuai dengan standar operasional.

"Tapi nyatanya kita liat sendiri secara kasat mata, bisa diperkirakan ribuan penumpang yang turun dari kapal, ditambah kendaraan plus penumpangnya,"kata Arvan kepada wartawan.

Ia mengatakan, pihaknya akan menyelidik hal tersebut ke pihak Syahbandar, apakah masih dalam batas toleransi atau tidak. "Itu akan kita pastikan di Syahbandar, agar tidak terulang,"ucapnya.

"Makanya kita lakukan pemeriksaan KTP untuk memastikan jumlah penumpang yang turun dari kapal dan dibandikan yang ada dalam manifes,"ujarnya Arvan.

Dikatakan, pihaknya sudah tiga kali melakukan pengamanan arus mudik dari Kalimantan masuk ke Sulbar di dermaga pelabuhan tersebut.

"Ini untuk mengantisipasi lonjakan dan mengecek secara ril jumlah penumpang, sehingga kita lakukan pendataan dengan memoto KTP penumpang, tujuan untuk mencocokan manifes dengan kondisi penumang yang ada,"kata dia.

Sesuai dengan penjelasan dari pihak Syahbandar, memang kapasitas KM Laskar Pelangi hanya sekitar 200 lebih.

Halaman
12
Penulis: Nurhadi
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved