Bupati Luwu Timur Sebut Anggota BPD Berwenang Pecat Kepala Desa

Jumlah itu terdiri dari 77 anggota BPD masa bakti 2018-2024 dan 686 anggota BPD untuk masa bakti 2019-2025. Mereka dilantik Bupati Luwu Timur, Thorig

Bupati Luwu Timur Sebut Anggota BPD Berwenang Pecat Kepala Desa
Ivan/TribunLutim.com
768 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Luwu Timur dilantik serentak di Gedung Olah Raga (GOR), Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (262019) malam. 

TRIBUNLUTIM.COM, MALILI - Sebanyak 768 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Luwu Timur dilantik di Gedung Olahraga (GOR), Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (2/6/2019) malam.

Jumlah itu terdiri dari 77 anggota BPD masa bakti 2018-2024 dan 686 anggota BPD untuk masa bakti 2019-2025. Mereka dilantik Bupati Luwu Timur, Thorig Husler.

Husler mengatakan kemitraan antara kepala desa dengan anggota BPD wajib dibangun agar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

TRIBUNWIKI: Dari Penjual Ikan, Kades, Begini Perjuangan Sudarmin Tahir Hingga Terpilih Anggota DPRD

VIDEO: Begini Suasana Pelabuhan Bira Bulukumba pada H-2 Lebaran

"BPD adalah mitra kerja kepala desa dalam menyukseskan program pembangunan yang ada di desa," kata Husler kepada TribunLutim.com, Senin (3/6/2019).

Keduanya harus bisa membangun komunikasi yang harmonis dan bersinergi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

"Sebagai mitra pemerintah desa, BPD wajib menjalin kerjasama yang baik dengan kepala desa dalam membangun desanya," pesan Husler.

BPD kata Husler punya kewenangan membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa.

 Entah Dirasuki Apa, Wanita Ini Tikam Ayah Kandungnya hingga Tewas, Coba Pikir Penyebabnya Karena Ini

Selain itu, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa serta menggali, menampung, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

BPD diingatkan agar pelaksanaan kewenangan tidak diimplementasikan secara berlebihan, harus berlandaskan pada norma peraturan yang berlaku.

"Saya harap anggota BPD turut mewarnai peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintah desa yang mendukung penyelenggaraan pemerintah daerah dalam mewujudkan visi dan misi," imbuhnya.

Laporan Wartawan TribunLutim.com, vanbo19

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

 

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Ivan Ismar
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved