Kursi Golkar di DPRD Sulsel Merosot, NH Sebut Kesalahan Sistem

Meski suara caleg atau Partai Golkar lebih banyak dibanding caleg partai lain, namun Golkar hanya mendapat satu kursi di Daerah Pemilihan (dapil).

Kursi Golkar di DPRD Sulsel Merosot, NH Sebut Kesalahan Sistem
abdul azis / tribun timur
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel menggelar buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD I Golkar Sulsel HAM Nurdin Halid di Jl Mapala, Makassar, Sabtu (1/6/2019). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel AM Nurdin Halid mengatakan, suara Partai Golkar pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terbilang mahal.

Pendapat Nurdin Halid berdasar pada fakta politik di lapangan.

VIDEO: PPPA Daarul Quran-Tribun Timur Gelar Gatering Dan Buka Puasa Bersama

Mediator Anak Yatim dan Kaum Dhuafa At-Taubah Salurkan Zakat Fitrah dan Fidiyah

Meski suara caleg atau Partai Golkar lebih banyak dibanding caleg partai lain, namun Golkar hanya mendapat satu kursi di Daerah Pemilihan (dapil) tertentu.

"Misal suara Golkar di dapil ini berjumlah 90 ribu sekian suara, tapi hanya dapat satu kursi. Sementara partai lain mendapat suara hanya angka 50 ribu tapi bisa dapat dua kursi," ujar Nurdin Halid, di kediamannya, Jl Mapala Makassar, Sabtu (1/6/2019) malam.

Kondisi itu menurut NH, akronim Nurdin Halid, disebabkan oleh sistem Pemilu 2019. Terutama tentang perhitungan suara caleg dengan menggunakan metode Sainte Lague untuk mengkonversi suara menjadi kursi di DPR atau DPRD.

Oleh karena itu, NH tak ingin menyalahkan pengurus atau caleg atas hasil perolehan kursi Partai Golkar di DPRD Provinsi Sulsel, yang menurun menjadi 13 kursi dibanding pada Pemilu sebelumnya.

“Saya tidak menyalahkan siapa pun. Saya suda sampaikan kepada pengurus DPD II bahwa ini tanggungjawab kita bersama. Ini murni sistem yang kami anggap merugikan partai-partai tertentu,” tandas NH.

Sebelum menyatakan hal itu, NA menggelar buka puasa bersama di kediamannya.

Ratusan warga dan sejumlah caleg terpilih dari Partai Golkar hadir dalam buka puasa bersama ini. Termasuk beberapa ketua DPD II Partai Golkar se-Sulsel.

"Ada beberapa ketua DPD Golkar, ada pak Toriq Husler Ketua Golkar Lutim, ada juga pak Andi Fahsar Padjalangi Ketua DPD Bone. Tadi juga ada caleg DPR RI terpilih, pak Fauzi dan Andi Rio," ujar Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai, di kediaman Nurdin Halid.

Selain buka puasa bersama, pada kesempatan ini juga dirangkaikan dengan salat Isya dan Tarwih bersama pengurus Partai Golkar Sulsel di kediaman Nurdin Halid.

Suasana salat Idulfitri 1439 hijriah, Tahun 2018 di Lapangan Pantai Seruni, Jl Seruni, Kecamatan Bantaeng, Bantaeng, Sulawesi Selatan.
Suasana salat Idulfitri 1439 hijriah, Tahun 2018 di Lapangan Pantai Seruni, Jl Seruni, Kecamatan Bantaeng, Bantaeng, Sulawesi Selatan. (Humas Bantaeng)

Nurdin Halid sendiri mengatakan, buka puasa bersama ini digelar untuk silaturahmi sesama pengurus dan masyarakat umum pasca Pemilu 2019.

Laporan Wartawan tribuntimur.com/ Abdul Azis Alimuddin

Padatnya Pengunjung Berburu Baju Lebaran di Karebosi Link

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA) @nurdin.abdullah, mengunjungi tiga mega proyek yang ada di Kabupaten Luwu Utara.

Penulis: Abdul Azis
Editor: Sudirman
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved