Berkah Ramadan, PT Semen Tonasa Raih Sertifikat ISO 50001

Keberhasilan tersebut karena PT Semen Tonasa telah menerapkan Sistem Manajemen Energi yang memenuhi standar

Berkah Ramadan, PT Semen Tonasa Raih Sertifikat ISO 50001
munjiyah/tribunpangkep.com
PT Semen Tonasa berhasil meraih sertifikat ISO 50001:2011 

TRIBUNPANGKEP.COM, BUNGORO - PT Semen Tonasa berhasil meraih sertifikat ISO 50001:2011 dari Lembaga Sertifikasi Sucofindo International Certification Services.

Keberhasilan tersebut karena PT Semen Tonasa telah menerapkan Sistem Manajemen Energi yang memenuhi standar ISO 50001:2011 ruang lingkup Industry Heavy dan Energy Suplay pertanggal 23 Mei 2019.

Apa yang dicapai PT Semen Tonasa adalah kerja keras, sehingga berhasil menjadi perusahaan industri semen pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Energi berbasis ISO 50001.

Menurut Manajemen Representatif (MR) PT Semen Tonasa, Ir Sariatun Tonasa berhasil karena Tonasa memiliki visi perusahaan yang berwawasan lingkungan dan fokus kepada efisiensi energi.

ISO 50001 adalah standarisasi dalam melakukan penghematan energi.

Biaya energi untuk satu industri semen diperkirakan 30 persen, sehingga ini menjadi hal yang strategis, dikelola dan sangat signifikan bagi perusahaan apabila bisa menghemat energi.

Dampak lain dari kegiatan efisiensi energi adalah penurunan emisi gas rumah kaca, yang berdampak pada pemanasan global.

"Sertifikat ini juga mendukung program pemerintah untuk menurunkan emisi gas rumah kaca," katanya, Jumat (31/5/2019) di Pangkajene.

Semen Tonasa sudah lama melakukan efisiensi, meskipun belum sepenuhnya terstruktur.

"Tentu dengan adanya sertifikat ini memberi semangat untuk meraih kesuksesan yang tinggi," ujarnya.

Ketua Tim Energi PT Semen Tonasa Ir Saparuddin MM juga menambahkan, beberapa tahun terakhir ini PT Semen Tonasa sangat giat dalam melakukan langkah Strategi Efisiensi dan Cost Transformasi.

"Biaya energi yang meliputi biaya energi panas dan listrik merupakan potensi pembentukan Harga Pokok Produksi (HPP) terbesar, yakni kisaran Rp 250.000,- per ton semen, sehingga menjadi fokus utama untuk melakukan efisiensi," jelasnya.

Pengelola Sistem Manajemen Semen Tonasa, Ir Susi Sudarsih bersyukur atas sertifikat ISO 50001:2011 yang diperoleh.

"Alhamdulillah kita peroleh di bulan yang penuh berkah dan semoga membawa berkah bagi perusahaan. Terima kasih kepada seluruh tim dan semua pihak atas kerjasama serta dedikasinya selama ini," ungkapnya.

Laporan Wartawan TribunPangkep.com, @munjidirgaghazali.

Penulis: Munjiyah Dirga Ghazali
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved