Tribun Wiki

TRIBUNWIKI: Viral Kata Referendum, Apa Artinya? Ini Penjelasannya, Pernah Terjadi di Timor Leste

Referendum legislatif dilakukan apabila suatu adopsi atau perubahan/pembaharuan konstitusi atau undang-undang mewajibkan adanya persetujuan rakyat

TRIBUNWIKI: Viral Kata Referendum, Apa Artinya? Ini Penjelasannya, Pernah Terjadi di Timor Leste
int
Referendum 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Kata Referendum seketika viral dan menjadi perbincangan khalayak ramai.

Tidak hanya itu, kata Referendum pun menjadi trending topic google, Rabu (29/5/2019).

Berawal dari Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA) Muzakir Manaf alias Mualem yang menginginkan dilaksanakannya referendum atau hak menentukan nasib sendiri di Aceh, menjadi heboh di media sosial.

Dilansir dari Serambinews, Isu yang kembali dihembus mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut menguncang nasional di tengah masalah Pilpres yang cukup panas belakangan ini.

Apakah arti kata Referendum yang membuat heboh tersebut?

Dilansir dari wikipedia, Referendum (dari bahasa Latin) atau jajak pendapat adalah suatu proses pemungutan suara semesta untuk mengambil sebuah keputusan, terutama keputusan politik yang memengaruhi suatu negara secara keseluruhan, misalnya seperti adopsi atau amendemen konstitusi atau undang-undang baru, atau perubahan wilayah suatu negara.

Pada sebuah referendum, masyarakat yang memiliki hak pilih dimintai pendapatnya.

Hasil referendum bisa dianggap mengikat atau tidak mengikat.

Sebuah referendum dianggap mengikat apabila pemerintah harus mengikuti seluruh jawaban rakyat yang ada dalam hasil referendum.

Apabila referendum tidak mengikat, berarti referendum itu hanya digunakan sebagai fungsi penasihat saja, di mana hasil yang ada tidak harus diikuti, namun menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan selanjutnya.

Halaman
1234
Penulis: Desi Triana Aswan
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved