Jenis Penyakit Aneh yang Serang Warga Jeneponto Diketahui, Simak Penjelasannya

"Hasil penyeledikan Tim Gerak Cepat (TGC) dan hasil laboratorium disimpulkan bahwa diagnosis penyakit aneh di Garonggong yakni Laptospirosis dan Typoi

Jenis Penyakit Aneh yang Serang Warga Jeneponto Diketahui, Simak Penjelasannya
ikbal/tribunjeneponto.com
Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan pemeriksaan pasien penyakit aneh di dusun Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkal Barat, Jeneponto. 

TRIBUNJENEPONTO.COM, BANGKALA BARAT - Nama penyakit yang menjangkit puluhan masyarakat di Dusun Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangkala Barat Jeneponto kini sudah mendapat titik terang.

Menurut Plt Kadis Kesehatan Jeneponto dr Syafruddin Nurdin, berdasarkan hasil laboratorium diaknosis penyakit yakni Laptospirosis dan Typoid.

"Hasil penyeledikan Tim Gerak Cepat (TGC) dan laboratorium disimpulkan,  diagnosis penyakit aneh di Garonggong yakni Laptospirosis dan Typoid," kata dr Syafruddin, Kamis (30/5/2019) siang.

Sekda Jeneponto tersebut menjelaskan, terkait penyakit yang menyerang warga Jeneponto yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Takalar.

Diperiksa soal Dugaan Makar, Loyalis Prabowo Kivlan Zein Malah Ditahan Gegera Kasus ini, Kok Bisa?

PPNI Komisariat RSUD Bantaeng Bagi-bagi Sembako ke Warga Pesisir Bantaeng

"Wilayah Garonggong adalah daerah endemik kasus Typoid. Pengelola daging kuda saat pesta adalah karier Typoid. Itu menjadi penular kepada orang lain yang mengkonsumsi daging olahan tersebut," tuturnya

"Sedangkan penyakit Leptospira (penyakit akibat kencing tikus) ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di mana adanya tikus dengan hasil pemeriksaan positif Leptospirosis," sambungnya.

Ia juga menambahkan makanan yang terkontaminasi bakteri juga penularan dari kencing tikus ke manusia melalui selaput lendir.

"Makanan maupun minuman yang terkontaminasi bakteri Leptospirosis apabila dikonsumsi akan menyebabkan terjadinya Leptospirosis pada manusia," tandasnya.

"Penularan dari tikus ke manusia dapat melalui selaput lendir konjuntiva (lapisan tipis mata) serta kulit yang terluka atau lecet," tutupnya

Sebelumnya masyarakat yang terjangkit virus aneh di Dusun Garonggong sebanyak 70 jiwa dan tiga diantaranya meninggal dunia.

H-7 Lebaran, Pergerakan Pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Turun 19,5%

Halaman
12
Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved