Donor Darah Ramadan PSMTI Sulsel Kumpulkan Ratusan Kantong Darah

Bakti sosial yang menjadi program PSMTI secara nasional bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI), hari ini dilaksanakan serentak

Donor Darah Ramadan PSMTI Sulsel Kumpulkan Ratusan Kantong Darah - darah-donor1.jpg
abdiwan/tribun-timur.com
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulawesi Selatan bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI), mengelar donor darah di Gereja YHS, Jl Gunung Latimojong, Makassar, Minggu (26/5/2019). Ada enam gereja yang menjadi lokasi donor darah hari ini.
Donor Darah Ramadan PSMTI Sulsel Kumpulkan Ratusan Kantong Darah - ichal45.jpg
abdiwan/tribun-timur.com
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulawesi Selatan bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI), mengelar donor darah di Gereja YHS, Jl Gunung Latimojong, Makassar, Minggu (26/5/2019). Ada enam gereja yang menjadi lokasi donor darah hari ini.

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sulawesi Selatan terus melaksanakan program bakti sosial yaitu donor darah Ramadan.

Bakti sosial yang menjadi program PSMTI secara nasional bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI), hari ini dilaksanakan serentak di enam gereja di Kota Makassar, Minggu (26/5/2019).

Enam gereja tersebut, yakni Gereja YHS, Gereja Petra, Gereja Filadelfia, Gereja Paroki Santo Yakobus Mariso, Gereja Paroki Fransiscus Assisi, dan Gereja Andalas Kristus Raja.

Selain enam gereja tersebut, dua pusat perbelanjaan juga menjadi lokasi PSMTI menyasar para pendonor darah yakni MTC Karebosi, dan Pinisi Point (Pipo) Mall, yang terlebih dahulu telah dilaksanakan pekan lalu

Ketua Harian PSMTI Sulsel, Emmy Jita menjelaskan, pada donor darah pertama yang dilaksanakan di Mall Pinisi Point, berhasil terkampul 80 kantong darah.

"Pekan lalu ada 80 kantong darah yang berhasil terkumpul. Untuk donor darah hari ini, sampai siang tadi saja terkumpul lebih dari 200 kantong darah, dan akan terus bertambah karena kami menggelar sampai malam," ucap Emmy.

Lanjut Emmy, donor darah yang dilaksanakan pada bulan Ramadan ini, sebagai bentuk kepedulian PSMTI untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI, sebab pada bulan Ramadan umat islam tak dapat mendonorkan darahnya karena sedang berpuasa.

"Tujuan kita gelar donor darah di bulan Ramadan, kami ingin membantu memenuhi kebutuhan darah PMI, karena kalau Ramadan stok darah berkurang, sebab saudara kita Muslim tidak dapat mendonorkan darahnya," kata Emmy.

Menurut Emmy, gereja dipilih sebagai lokasi, juga untuk memudahkan umat Nasrani yang ingin mendonorkan darahnya.

"Jadi usai beribadah, mereka bisa mendonorkan darahnya," ucap dia.

Ia melanjutkan, donor darah Ramadan ini merupakan program nasional PSMTI, yang dilakukan di setiap daerah.

"Ini instruksi dari PSMTI Nasional untuk membantu memenuhi stok darah PMI yang berkurang di bulan Ramadan," ucapnya.

PSMTI Sulsel menargetkan dapat mengumpulkan setidaknya 500 kantong darah darah pada kegiatan donor darah Ramadan ini.

Panitia juga menyiapkan hadiah souvenir kepada para pendonor yang telah berpartisipasi pada bakti sosial tersebut. (tribun-timur.com)

Laporan Wartawan tribun-timur.com @Fahrizal_syam

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved