6 Parpol di Sulbar Ajukan Gugatan ke MK, 1 dari Mamasa

Sekaitan penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif tingkat Provinsi Sulawesi Barat, ada enam partai politik

6 Parpol di Sulbar Ajukan Gugatan ke MK, 1 dari Mamasa
semuel/tribunmamasa.com
Divisi Hukum KPU Kabupaten Mamasa, Sumarlin

TRIBUNMAMASA.COM, MAMASA - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) telah menetapkan hasil perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pasca penetapan, KPU masih memberikan kesempatan bagi peserta pemilu untuk mengajukan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dalam kurun waktu 3x24 jam.

Sekaitan penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif tingkat Provinsi Sulawesi Barat, ada enam partai politik (Parpol) yang dinyatakan telah mengajukan gugatan ke MK.

Dari enam Parpol itu, satu diantaranya dugaan pelanggaran pemilihan legislatif tingkat Kabupaten Mamasa, yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Hal itu diungkapkan Komisioner KPU Mamasa Divisi Hukum, Sumarlin saat dikonfirmasi Jumat (24/5/2019) sore.

Adapun keenam partai tersbeut yaitu Partai Nasdem, Hanura, PDIP, Golkar, Berkarya dan Garuda.

Keenam partai tersebut kata Sumarlin, telah melakukan registrasi gugatan di MK Kamis 23 Mei 2019.

Sumarlin menjelaskan, pengajuan gugatan tersebut karena dianggap ada kecurangan pada proses penghitungan suara sebelumnya.

Namun dikatakan Sumarlin, secara spesifik dugaan pelanggaran yang dimaksud belum terdeteksi apakah hasil Pileg secara keseluruhan atau ada hasil Pilpres.

"Kita belum bisa pastikan karena kita baru terima laporannya, yang jelas ada enam Parpol yang mengajukan gugatan," ungkap Sumarlin sore tadi.

Halaman
12
Penulis: Semuel Mesakaraeng
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved