Dukcapil Luwu Utara Akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik

"Penerapan tanda tangan elektronik atau TTE akan mulai kita lakukan pada bulan Agustus mendatang," ujar Masse, Jumat (24/5/2019).

Dukcapil Luwu Utara Akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik
chalik/tribunlutra.com
Kepala Dinas Dukcapil Luwu Utara, Mas'ud Massa. 

TRIBUNLUTRA.COM, MASAMBA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Luwu Utara akan menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk pembuatan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akte Kelahiran.

Penerapan TTE menurut Kepala Dinas Dukcapil Luwu Utara, Mas'ud Massa merupakan inovasi yang sudah diberlakukan di Kementerian Dalam Negeri RI dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Khusus di Luwu Utara, TTE baru akan mulai diterapkan pada bulan Agustus 2019 mendatang.

"Penerapan tanda tangan elektronik atau TTE akan mulai kita lakukan pada bulan Agustus mendatang," ujar Masse, Jumat (24/5/2019).

PPP Siapkan Istri Amir Uskara Lawan Adnan di Pilkada Gowa 2020

Ada Siswi Mau Jual Keperawanan Rp 267 Juta Kepada Pria Kaya, Nama Sekolahnya Bocor

Penerapan TTE sendiri diatur dalam Permendagri Nomor 7 tahun 2019 terkait penandatanganan dokumen sipil tidak ditandatangani secara langsung oleh kepala dinas yang bersangkutan.

Diharapkan, dengan penerapan TTE akan lebih efektif dibandingkan dengan tanda tangan basah yang mengharuskan kepala dinas setiap hari berada di ruangannya.

"Dengan TTE ini apabila saya ada keperluan diluar proses pengerjaan dokumen terus berjalan, sebab petugas kami tidak perlu lagi menunggu saya untuk tanda tangan dokumen dan ini bisa mempersingkat waktu,” terangnya.

Petani Rapat Bahas Kelangkaan Pupuk, Hanya Tiga Anggota Dewan Bone Hadir

Tujuan lain penggunaan TTE untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan dokumen-dokumen catatan sipil, kemudian memperkecil oknum-oknum tertentu dalam berbuat tindak kejahatan.

"Kemungkinan untuk berbuat negatif terhadap dokumen-dokumen capil sangat kecil, karena di dokumen tersebut terdapat barcode yang didalamya ada tanda tangan saya sebagai user," katanya.

Laporan Wartawan TribunLutra.com, @chalik_mawardi_sp

Jangan Lupa Subscribe Channel Youtube Tribun Timur:

Follow juga Instagram Tribun Timur:

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Ansar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved